Wed. Sep 23rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Waspada, Inilah 10 Tanda Seseorang Berbohong di WhatsApp

3 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Whatsapp, aplikasi ini sudah sangat dikenal dan mayoritas penduduk Indonesia sudah menggunakannya. Banyak orang berpikir kalau berbohong melalui pesan sangatlah mudah. Hal ini terjadi karena kita tidak bisa melihat langsung mata dari lawan bicara kita dan kita tidak tahu bagaimana raut mukanya. Mungkin kalau kita tidak langsung membalasnya dan kita bisa membelas dengan kalimat yang lebih baik.

Walapun demikian, kita masih bisa menemukan kebohongan seseorang melalui pesan yang ia kirimkan.

Maka kali ini Noobzilla akan membahas bagaimana mengetahui seseorang berbohong melalui pesan yang ia kirimkan pada aplikasi Messaging (Whatsapp, Telegram, Line, dsb).

Tanda 10 : Kalimatnya muluk-muluk

Si pembohong biasanya secara tidak sadar akan menyembunyikan kebohongannya diantara kalimat yang ia tulis. Riset yang dilakukan oleh Cornell University menunjukan bahwa kalimat yang bohong biasanya lebih panjang daripada kalimat yang jujur. Ketika seseorang mengatakan kebohongan, kalimat mereka menjadi lebih panjang satu kata daripada rata-rata.

Tanda 9: Kata-kata tidak jelas

Seorang pembohong biasanya menggunakan kata yang mengekspresikan kemungkinan dan ketidakamanan untuk menghindari percakapan secara langsung. Kemungkinan dia tidak ingin menyakiti lawan bicaranya, sebaliknya dia juga tidak mau melakukan apa yang kamu minta.

Baca juga  Mobil Militer Baru Volvo dapat melaju seperti Kepiting!

Dilansir dari thetimes.co.uk (09/02/18), pada sebuah penelitian, wanita biasaya akan sering berbohong menggunakan kata-kata seperti “mungkin, ” “coba,” dan “aku.”

Tanda 8 : Mengulangi perkataan

Meyakinkan lawan bicaranya adalah tujuan utama dari si pembohong. Maka dari itu dia akan mengulangi kebohongannya terus hingga kamu percaya padanya. Tetaplah berhati-hati dan jangan biarkan orang lain mencurangimu.

Tanda 7: Jeda lama sebelum membalas

Kita memang tidak tahu mengapa lawan bicara kita tidak segera membalas pesan kita dalam waktu yang lama. Mungkin dia sedang sibuk sehingga tidak bisa lansung membalas. Akan tetapi, terkadang hal ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang berusaha untuk memikirkan apa yang harus mereka ucapkan. Jika dalam situasi ini, seseorang sedang memutuskan apakah dia akan berbohong atau mengatakan kejujuran.

Tanda 6 : Mengetik terlalu lama

Jika lawan bicaramu jarang mengirimkan pesan panjang, lalu tiba tiba ia mengetik cukup lama, lebih baik kamu mulai menaruh curiga. Mungkin dia sedang berusaha untuk membenarkan beberapa kata agar pesan yang ia kirim terlihat meyakinkan.

Baca juga  Kabar Baik! Xiaomi Hadirkan Ponsel Tanpa Batas, Siap Manjakan Penggemar

Tanda 5 : Ngeles

Tidak semua pertanyaan akan dibalas dengan jawaban langsung, terkadang si pembohong akan berusaha mengalihkan topik pembicaraannya agar kamu tidak membahas lagi masalah dengannya.

Tanda 4 : Baperan

Si pembohong ini biasanya ada pada wanita dimana dia akan menggunakan trik ini untuk balik memanipulasi emosi lawan bicaranya sehingga ia merasa bersalah. Lebih berhati-hatilah dengan situasi seperti ini dan jangan biarkan kamu dibodohi.

Tanda 3 : Menyalahkan balik

Selain sok baper, ini adalah salah satu cara untuk memanipulasi lawan bicara menggunakan sisi emosi. Pada kasus ini, si pembohong akan berusaha untuk mengendalikan situasi. Dia akan bertanya balik dan berusaha membuat kita malu dan meminta kita untuk berkaca.

Tanda 2: Balik bertanya

Untuk mencari aman, si pembohong biasanya akan mengetes reaksimu terlebih dahulu. Apa yang terjadi kalau seseorang marah karena dia tahu kalau ia dibohongi? Pada kasus ini, si pembohong sudah siap untuk mengendalikan situasi. Apabila ini yang terjadi padamu, maka kamu harus bisa membalikan keadaan dengan mengendalikan situasi, jangan biasakan dia untuk mengubah topik pembicaraan.

Baca juga  Review Xiaomi Redmi Note 7 Pro, Smartphone Elegan Yanga Cocok Banget Untuk Gaming !

Tanda 1 : Berpura-pura

Trik yang satu ini sangat populer digunakan, hal ini bertujuan untuk membuat lebih banyak waktu untuk mencari cara yang tepat. Si pembohong berharap kamu melupakan permasalahan dan berusaha menjauhimu. Jika kamu terlalu memaksa orang seperti ini, mereka akan memilih untuk mendiamkanmu.

Bonus : Mengeluh

Jika lawan bicaramu merespon pertanyaan dengan pola yang mirip dengan ini, kemungkinan besar dia tidak ingin berurusan denganmu. Jika kamu tidak terikat dengan urusan bisnis atau keuangan, lebih baik hindari berbicara dengan orang seperti ini.


Terima kasih telah membaca “Waspada, Inilah 10 Tanda Seseorang Berbohong di WhatsApp“, jika artikel ini bermanfaat untuk Anda jangan lupa untuk bagikan ke teman Anda terutama yang di sosial media.

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.