Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Jadilah Dermawan dengan 5 Cara Sederhana Ini, Kamu Harus Mencobanya

2 min read
Sharing is Caring

Salah satu sifat baik yang harus dimiliki dalam kehidupan ini adalah sifat dermawan. Dengan kedermawanan, tidak hanya akan membantu orang lain, namun juga akan menambah kebahagiaan dalam diri kita sendiri. 

Meski begitu sebagain dari kita masih saja ada yang merasa sulit menjadi seseorang yang dermawan. Jika Anda termasuk yang seperti itu, coba jadilah seorang yang dermawan dengan 5 cara sederhana berikut ini:

1. Membuat rencana keuangan

Maksudnya disini adalah Anda harus bisa mengatur keuangan Anda sebaik mungkin. Rencanakan pengeluaran Anda jangan sampai hanya akan terbuang sia-sia, contoh sederhananya Anda bisa memasak sendiri di rumah dari pada harus membeli makanan di luar, sehingga menghemat pengeluaran.

Baca juga  5 Benda Termahal yang Pernah Dicuri, Nomor 3 Gak Masuk Akal

Dengan seperti itu maka Anda bisa menyisihkan uang untuk kehidupan orang lain yang membutuhkan.

2. Mulai dari yang kecil

Siapa yang tak ingin membantu orang lain dengan nilai bantuan yang besar, Anda pastinya juga sangat menginginkannya. Namun jika Anda belum mampu, jangan pernah ragu untuk membantu orang lain sekalipun dari sesuatu yang kecil. Karena berkontribusi sekecil apapun untuk orang lain adalah sangat berharga.

3. Memberi tanpa harapan

Selalu belajarlah memberi sesuatu tanpa mengharap apapun. Tanamkan dalam diri untuk tidak khawatir tentang apa keuntungan yang akan didapatkan dari kontribusi yang telah dilakukan, karena hal semacam itu tidak akan menunjukkan kedermawanan secara nyata.

Baca juga  5 Fakta Tentang Binatang yang Bikin Terkejut

4. Perjelas niat

Pastikan niat dalam hati bahwa Anda memiliki niat yang jelas tentang apa dan mengapa Anda harus melakukan suatu kedermawanan yang tujuannya agar Anda selalu terdorong melakukannya.

5. Amati kedermawanan yang telah dilakukan

Bukan maksud untuk mengungkit-ungkit kedermawanan yang telah Anda lakukan, namun hanya untuk memeriksa kembali apa saja dampak positif yang diterima di dalam hidup, baik untuk diri Anda sendiri dan juga orang lain yang terbantu. Ketika itu menghasilkan hal yang positif, maka Anda pastinya juga akan merasakan kebahagiaan.

Bagaimana menurut Anda? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.