Wed. Dec 2nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

BJ Habibie Ungkap 3 Makanan Favorit Yang Bikin Otak Cerdas

2 min read
Sharing is Caring

Baru selasa kemarin mantan Presiden Indonesia BJ Habibie berulang tahun yang ke-83. Saat ulang tahun beliau, hashtag HBD Habibie viral di Twitter sebagai ungkapan selamat dari rakyat Indonesia yang mengagumi sosok beliau.

enjadi sosok yang dikenal pintar dan masih sehat sampai umur 83 tahun, pastinya ada rahasia lain selain kerja keras, belajar tekun, pantang menyerah dan disiplin pola makan beliau juga lumayan diatur dengan baik.

Berikut ini adalah 3 makanan kesukaan BJ Habibie yang mengandung sarat akan nutrisi untuk perkembangan otak.

  • Ikan

BJ Habibie sangat menyukai Sup Ikan, apalagi olahan khas tanah kelahiran beliau yaitu Sulawesi Selatan.

Baca juga  Kepala Meledak? Inilah 5 Sindrom Aneh yang Hanya Ada Di Kepala

Tahukah kamu!, ikan mengandung omega-3 dan merupakan sumber protein yang tinggi. Berdasarkan pernyataan peneliti, ikan juga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pencegah penyakit Alzheimer. Selain itu, ikan juga dapat mencegah penyakit jantung seperti yang tertera dalam American Journal Of Cardiology yang menyatakan bahwa kandungan asam lemak dan Omega-3 dalam ikan mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi pembekuan darah serta menurunkan tekanan darah.

  • Sayur

Selain ikan, BJ Habibie juga sangat menyukai sayuran. BJ Habibie selalu mencari menu nasi yang menyediakan sayuran saat berada di luar negeri.

Diketahui bahwa sayuran pada umumnya mengandung protein dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam yang tentu saja sangat baik untuk tubuh, termasuk kesehatan otak. Hal ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian yang telah dilakukan oleh University of Illinois yang menyatakan bahwa lutein, pigmen yang ditemukan dalam sayuran berwarna hijau gelap membantu mempertahankan fungsi kognitif dan ketajaman mental usia otak.

  • Susu
Baca juga  Istri Tewas Kecelakaan, Bukannya Nangis Suami Ini Justru Lakukan Hal Di Luar Dugaan

Mengkonsumsi susu sudah menjadi rutinitas BJ Habibie setiap hari. Bahkan saat di Jerman, BJ Habibie lebih sering minum susu ketimbang di Indonesia, mengingat suhu udara di Jerman yang sangat dingin di musim tertentu.

susu sangat bermanfaat untuk mencegah kesehatan otak, khususnya mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson. Seorang peneliti dari Amerika Serikat berhasil membuktikan bahwa adanya hubungan antara mengkonsumsi susu tiga gelas perhari dengan tingkat antioksidan alami yang lebih tinggi atau glutathione pada otak orang dewasa. Antioksidan yang kuat dapat meminimalkan kerusakan sel-sel otak dari radikal bebas, serta hal lain yang dapat merusak otak.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.