Thu. Dec 3rd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Tips Teknologi Pengamanan Data: Sandi Unik atau Simpan di Kulkas

2 min read
Sharing is Caring

kopi17an – Tips teknologi kali ini, Tempo mengulas tentang bagaimana cara menjaga keamanan data pribadi pada smartphone Anda. Seperti biasa, salah satunya Anda harus selalu menjaga sistem operasi Anda agar diperbarui sepenuhnya, serta semua aplikasi yang diinstal.

Dikutip dari laman Techradar, akhir pekan lalu, melaporkan bahwa, pengguna harus cepat memperbarui aplikasi WhatsApp dengan cepat untuk membuatnya aman. Anda minimal harus menjalankan setidaknya versi 2.19.134 di Android, atau versi 2.19.51 di iOS.

Yang mengkhawatirkan adalah, meskipun gencarnya insiden peretasan pada WhatsApp pekan lalu, banyak orang masih belum memperbarui WhatsApp. Sebanyak 80 persen perangkat iOS y belum diperbarui menurut perusahaan keamanan Wandera, per 17 Mei lalu.

Jadi, apa pun yang Anda lakukan, ketika menyangkut semua aplikasi Anda, pastikan mereka selalu terbarui dan menjalankan versi terbaru. Lebih dari itu, Anda harus berhati-hati ketika akan membuka materi sensitif. Jika tidak harus membaginya melalui layanan pesan online, sebaiknya tidak perlu Anda lakukan. 

Dengan kejadian ini secara khusus, pengguna juga belajar mewaspadai panggilan tak terjawab yang misterius. Juga semua tautan yang kelihatannya mencurigakan. Sebagai tindakan pencegahan umum lainnya, Senior Manager Penetration Testing, Consulting Services NTT Security Daniel Follenfant mengingatkan Anda untuk menghindari penggunaan kembali kata sandi.

Baca juga  Computex 2019 Dimulai, 1.685 Perusahan IT Sajikan Produknya
Hasil gambar untuk Tips Teknologi Pengamanan Data: Sandi Unik atau Simpan di Kulkas

“Satu hal yang harus selalu dipertimbangkan adalah penggunaan kata sandi yang sama pada semua aplikasi. Misalnya, jika Anda menggunakan media sosial yang Anda masuki dan Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk Amazon, penyerang tidak akan mengejar Amazon. Mereka akan menargetkan media sosial yang kurang aman,” kata Follenfant.

Ketika Anda diberi tahu bahwa media sosial tersebut terancam, Anda bisa mengabaikannya. Namun, penyerang kemudian dapat mencoba detail Anda di Amazon dan mendapatkan akses ke akun Anda. Di dunia yang ideal semua kredensial harus memiliki kata sandi yang unik.

Dan satu cara mudah untuk mencapai ini, tentu saja, adalah dengan menggunakan pengelolaan kata sandi. Gagal dengan semua itu, Anda bisa menyimpan telepon di lemari es, seperti Edward Snowden (mantan anggota CIA yang membocorkan data rahasia) yang terkenal memaksa beberapa pengacara melakukannya ketika ia bertemu dengan mereka di Hong Kong pada 2013 lalu. 

Perilaku aneh Snowden tidak ada hubungannya dengan suhu dinginnya, melainkan karena sifat-sifat dinding kulkas. Terbuat dari logam dengan insulasi tebal, kulkas membuat solusi yang sempurna untuk memblokir sinyal radio, dengan demikian setiap pengawasan potensial dari smartphone yang disusupi bisa tidak terlacak.

Baca juga  Teknologi ini Bisa Menyelamatkan Manusia dari Kiamat?

Baca Juga: Jangan Asal Beli Lihat Dulu Ternyata Begini Bagian Dalam Xiaomi-Redmi Note7

(Visited 14 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.