Sun. Jul 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Rekomendasi Anime Bertema Detektif Terbaik!

4 min read
Sharing is Caring

Generasi 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan anime Detektif Conan yang pernah tayang di televisi Indonesia. Bahkan sampai sekarang komik dan animenya masih terus berlanjut. Jalan cerita, berbagai macam kasus, trik-trik, strategi dan pemecahan masalah yang ada dalam anime Detektif Conan memang layak buat diikuti dan membuat kita ikut berpikir.

Selain Detektif Conan, ada anime yang bertemakan detektif yang tak kalah seru yang bisa membuat pikiran kreatif kalian ikut diajak berpikir karena alur ceritanya.

Berikut 5 rekomendasi anime bertema detektif selain Detektif Conan.

1. Gosick (2011)

Hasil gambar untuk Gosick

Anime ini bergenre misteri, drama, dan romance. Anime ini diangkat dari sebuah novel yang ditulis oleh Kazuki Sakuraba. Anime ini berlatar di Eropa pada tahun 1924.

Sinopsis: Di sebuah kerajaan bernama Saubure terdapat sebuah sekolah bernama St. Marguerite. Di sekolah ini terdapat seorang siswa yang berasal dari Jepang bernama Kazuya Kujo. Karena menjadi satu-satunya orang Asia yang memiliki warna rambut dan warna mata yang gelap, ia sering dipanggil dengan nama ‘Dark Shinigami’. Selain itu juga, karena kerajaan ini terkenal dengan cerita horornya, teman-temannya takut kepadanya dan menjauhinya.

Suatu hari ia pergi ke perpustakaan yang terletak di lantai paling atas, dan menemukan sebuah boneka yang sangat cantik, memiliki rambut pirang dan kulitnya sangat putih. Namun ternyata ia bukan boneka, melainkan manusia bernama Victorique (baca: Viktorika).

Baca juga  Awalnya Saling Benci, 5 Pasangan Anime ini Malah Saling Mencintai

Semenjak bertemu dengan Viqtorique, Kujo mengalami banyak petualangan yang menegangkan bersamanya.

Anime ini memiliki alur cerita yang lumayan susah ditebak dan memiliki ending yang lumayan impact.

Selain menonjolkan misteri, anime ini juga dibalut dengan unsur romance dan komedi sehingga tidak akan membuatmu bosan menontonnya.

2. Hyouka! (2012)

Hasil gambar untuk Hyouka

Anime Hyouka! diadaptasi dari novel misteri “Hyouka” yang ditulis oleh Yonezawa Honobu. Berlatar di lingkungan sekolah, Hyouka bercerita tentang Hotaro Oreki, seorang siswa SMA yang memiliki kecerdasan luar biasa namun sangat pemalas.

Sinopsis: Oreki Hotarou dimintai tolong oleh kakak perempuannya, Oreki Tomoe, untuk masuk ekskul sastra klasik (Kotenbu), karena jika tidak ada yang mengikuti kotenbu, maka ekskul itu akan dihilangkan. Houtarou terpaksa menuruti permintaan kakaknya karena tidak mau dihajar kakaknya yang memiliki keahlian di aikido.

Houtarou dan teman baiknya, Fukube Satoshi akhirnya mengikuti ekskul tersebut setelah bertemu dengan Chitanda Eru, gadis yang turut serta mendaftar di kotenbu dengan alasan pribadi. Ditambah dengan Ibara Mayaka, mereka bersama-sama memecahkan misteri yang ada di SMA Kamiyama. Termasuk misteri mengenai kasus yang sudah berlalu 45 tahun lalu. Kasus tersebut merupakan tantangan terbesar para anggota ekskul sastra klasik.

Baca juga  Misteri ‘Kampung Setan’ di Gunung Salak

3. Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider (2015)

Hasil gambar untuk Subete ga F ni Naru

Jika diartikan judulnya berarti semuanya telah menjadi F. Apa maksudnya? Ternyata itu adalah kunci dari segala permasalahan dalam kasus yang ada dalam anime ini. Mengusung genre misteri yang dipadukan dengan psikologi, anime ini membuat kita tidak bisa memecahkan kasusnya dengan pemikiran biasa.

Sinopsis: Menceritakan tentang Saikawa Souhei, seorang profesor sekaligus dosen yang sedang bersama dengan para mahasiswanya untuk pergi berlibur ke sebuah pulau kecil. Ternyata pulau tersebut sedang menjadi lokasi penelitian dan juga merupakan tempat dari Magata Shiki, orang jenius idola Saikawa. Masalah dimulai ketika suasana berubah mencekam ketika terjadi pembunuhan di pusat penelitian tersebut dengan 2 orang sebagai korbannya.

Dengan ending yang tidak terduga, trik-trik pemecahan kasus yang butuh memeras otak, dan penutupan kasus yang epic, menambah poin sendiri untuk anime ini.

4. Death Note (2006)

Hasil gambar untuk Death note

Mengusung genre misteri, supranatural, aksi, dan drama, Death Note bisa dibilang jadi perwujudan sempurna kisah misteri. Anime ini bahkan sudah beberapa kali dibuatkan live action-nya, dari Jepang sampai Hollywood.

Sinopsis: Bercerita tentang seorang pemuda jenius bernama Light Yagami, menemukan sebuah buku bernama ‘Death Note”. Buku tersebut bisa membunuh dan memanipulasi kematian seseorang hanya dengan menulis nama dan waktu kejadian di buku tersebut. Mengetahui kekuatan ajaib buku itu, Light pun menggunakan buku tersebut untuk mengeksekusi orang-orang jahat di seluruh dunia. Dan karena perbuatannya, Light menarik perhatian seorang detektif cerdas bernama L. Perseteruan antara dua orang jenius untuk beradu strategi pun terjadi untuk menunjukkan siapa yang terbaik.

Baca juga  Sepatu Dari Kulit Manusia? Dan 4 Legenda Urban yang Paling Mengerikan Di Dunia

5. Detective Conan (1996)

Hasil gambar untuk detective conan

Siapa yang tidak kenal dengan anime legendaris satu ini. Popularitasnya tidak diragukan lagi. Sampai sekarang animenya sudah mencapai episode 900-an lebih dengan manga berjumlah 1000 chapter lebih. Sampai sekarang pun mimin tidak bosan untuk mengikuti ceritanya. Aoyama Gosho menyuguhkan ceritanya dengan menarik sehingga membuat kita tetap tertarik untuk mengikuti kelanjutan ceritanya.

Sinopsis: Menceritakan seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang dijadikan kelinci percobaan oleh organisasi jubah hitam. Akibatnya, kini tubuh Shinici Kudo mengecil seperti anak berusia 7 tahun. Untuk menutupi identitasnya, ia mengubah namanya menjadi Edogawa Conan. Sejak saat itulah, ia bersama Kogoro Mouri dan teman-teman detektif cilik lainnya menyelesaikan banyak kasus.

Itu dia lima Anime bertemakan Detektif yang seru untuk kalian tonton.

Baca Juga : 7 Anime yang Bertemakan Sekolah Sihir Terbaik

(Visited 102 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.