Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Awas, Ada 2.040 Aplikasi Berbahaya Di Google Play Store

2 min read
Sharing is Caring

Gsmteknologi–Sebelum membaca ayo sobat tekan tombol ikuti, biar gak ketinggalan informasi menarik seputar teknologi dan ponsel dari gsmteknologi.

Sebuah studi yang dilakukan selama dua tahun menemukan bahwa ada 2.040 aplikasi di Google Play Store yang berbahaya . Beberapa aplikasi memerlukan jumlah izin yang mencurigakan, sementara yang lain merupakan malware langsung, laporan dari University of Sydney dan Data61 dari CSIRO.

Penelitian ini mencakup sekitar 1 juta aplikasi di Google Play dan menemukan sejumlah besar aplikasi palsu tanpa malware, tetapi masih memerlukan izin untuk mengakses data yang tidak memiliki bisnis dengan mereka. Kita mungkin pernah mendengar atau bahkan memasang beberapa judul seperti Hill Climb Racing atau Temple Run.

Baca juga  Fitur iOS 13 Terbaru yang Sudah Lama ada di Android, Apple Plagiat?

Untuk memproses semua 1 juta aplikasi, para peneliti menggunakan jaringan dan pembelajaran mesin. Algoritma ini ditetapkan untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi paling populer di app store. Algoritma ini menghasilkan 49.608 ancaman potensial.

Dengan VirusTotal, sekitar 7.246 aplikasi ditandai sebagai berbahaya dan 2.040 di antaranya palsu dan aplikasi berisiko tinggi. Selain itu, 1.565 meminta lima izin sensitif dan 1.407 menanamkan iklan pihak ketiga.

Aplikasi yang telah dipelajari telah dihapus dan tim Google melaporkan bahwa jumlah pengiriman aplikasi yang ditolak telah meningkat lebih dari 55% dibandingkan tahun lalu dan penangguhan aplikasi telah meningkat menjadi 66%.

Semoga artikel ini bermanfaat dan juga bagi sobat jangan lupa like,share dan ikutin terus biar gak ketinggalan informasi menarik seputar teknologi dan ponsel.

Baca juga  Makin Murah! Ponsel Oppo Kamera Depan 25 MP ini Turun Harga Drastis Jadi 2 Jutaan

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Murah Terbaik 2019

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.