Sat. Oct 31st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

15 Seragam Sekolah di Dunia yang Paling Keren

4 min read
Sharing is Caring

Pada beberapa sekolah tertentu ada yang mewajibkan muridnya untuk mengenakan seragam untuk masuk ke sekolah. Hal ini diperlukan agar para murid lebih disiplin dalam hal berpakaian, terlihat sama rata dan bersatu.

Pada kesempatan di Kopi17 akan menujukan 15 seragam sekolah dari beberapa negara. Beberapa diantaranya malah ada yang keren dan juga aneh lho. Mari kita simak.

15 Jepang

Seragam sekolah di Jepang memang paling terkenal sedunia.

Seragam yang satu ini sudah pasti dikenali oleh semua orang di dunia berkat kepopuleran desainnya dan bagaimana Jepang menunjukannya di dalam film, anime, maupun manganya. Bahasa jepang dari seragam adalah “seifuku” dimana desain seragam para siswa disana mirip dengan desain seragam para pelaut.

Tapi tahukah kamu kalau khusus untuk seragam sekolah cewek disana ternyata semakin tua maka semakin pendek roknya. Bahkan para siswi di Jepang tetap wajib mengenakan rok pendek saat musim dingin.

14 Inggris

Seragam sekolah di Inggris lebih mengutamakan formalitas dan warna yang gelap.

Peraturan mengenakan seragam di Inggris sangatlah ketat. Awalnya hampir sebagian besar seragam para siswa berwarna biru. Menurut mereka, warna biru diyakini dapat mengajarkan anak-anak untuk lebih terorganisir dan lebih tenang (dan sebenarnya kain warna biru harganya lebih murah).

Tapi saat ini beberapa sekolah di Inggris memiliki motif dan bentuk seragam yang berbeda-beda. Bahkan ada salah satu sekolah yang mewajibkan siswa laki-laki untuk mengenakan rok saat di sekolah.

13 Australia

Siswa di Australia mengenakan seragam yang lebih terbuka dan tidak panas

Baca juga  10 Foto 'Super Sempurna' yang Bakal Bikin Kamu Melongo, No 9 Bikin Merinding

Peraturan mengenakan seragam di Australia hampir sama dengan Inggris akan tetapi tipikal seragam siswa Australia justru lebih terbuka dan lebih tipis hal ini dikarenakan cuaca di Australia yang sangat panas pada beberapa musim. Selain itu siswa diwajibkan mengenakan topi saat diluar kelas.

12 Kuba

Seragam sekolah di Kuba memiliki beberapa variasi warna. Tapi yang lain mudah diamati kesamaannya adalah pada penggunaan dasi pada setiap siswa. Hal ini merupakan tradisi turun temurun dari negara dengan paham sosialis.

11 Cina

Siswa di Cina memiliki beberapa setel seragam untuk digunakan pada saat libur, hari biasa, musim panas, dan musim dingin. Seragam harian untuk laki-laki dan perempuan hampir terlihat sama dan rata-rata bentuknya seperti baju olahraga.

10 Ghana

Setiap siswa yang sekolah memang wajib menggunakan seragam, tetapi berbeda keadaannya sekolah di negara yang masih mengalami kesulitan dalam hal ekonomi. Ghana merupakan salah satu negara yang belum memiliki kemampuan fisikal yang cukup sehingga rakyatnya bisa menggunakan uang untuk membelikan baju bagi putra-putrinya.

Tapi pada tahun 2010 lalu, pemerintahan Ghana membagikan seragam gratis bagi para siswa yang masih bersekolah.

9 Vietnam

Satu tiket pesawat ke Vietnam pliss!

Peraturan menggunakan seragam di sekolah dasar dan sekolah menengah di Vietnam hampir sama dengan sekolah pada umumnya. Tapi perbedaannya adalah pada seragam yang dikenakan oleh siswi SMA di sana. Mereka wajib mengenakan seragam serba putih yang disebut “ao dai” pada waktu perayaan tertentu atau pada saat upacara.

Baca juga  Banyak yang Baru Tau, Ternyata ini Nama Asli Chef Juna!

8 Syria

Seragam sekolah dasar di Syria

Seragam sekolah di Syria sebelumnya berwarna coklat tapi sekarang mereka mengubahnya dengan warna yang lebih cerah (seperti warna biru, putih, dan pink) hal ini dilakukan karena alasan politik. Warna seragam yang demikian menyimbolkan harapan untuk hidup dalam damai di timur tengah.

7 Bhutan

Pemerintah Bhutan mewajibkan pakaian tradisional sebagai seragam.

Salah satu negara yang mewajibkan siswanya mengenakan baju tradisional sebagai seragam adalah Bhutan. Seragam bagi siswa laki-laki disebut “gho” dan bagi siswa perempuan disebut “kira”. Biasanya para siswa membawa buku dan peralatan tulis di dalam baju mereka. Tapi kini mereka membawanya didalam tas tapi masih ada sebagian yang membawanya di dalam baju.

6 Korea Selatan

Sekolah bak model fashion nih.

Di Korea Selatan waktu belajarnya dimulai dari pagi hingga sore. Maka tidak heran apabila siswa disana menganggap bahwa sekolah adalah tempat yang romantis, karena mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka didalam sekolah. Sekolah disana juga cukup ketat untuk masalah seragam yang dikenakan, tetapi seragam siswa Korea Selatan bisa dibilang sangat trendy dan keren hingga sering digunakan diluar sekolah seperti keperluan syuting film.

5 Sri Lanka

Seragam sekolah di Sri Lanka serba putih

Di Sri Lanka, para siswa wajib menggunakan seragam berwarna putih dan para siswi mengenakan dasi. Tapi warna lengan dan kerah baju bisa saja berbeda antar sekolah. Untuk siswa laki-laki diwajibkan menggunakan kemeja putih dengan celana pendek berwarna biru. Pada hari spesial, siswa laki-laki mengenakan celana pendek warna putih.

Baca juga  Wali Kota Depok: Wudu Adalah Penangkal Segala Virus Apa Saja! NU Langsung Jawab Begini

4 Russia

Corak warna seragam di Rusia lebih banyak warna gelap dan tegas

Sebenarnya Russia melarang penggunaan seragam di sekolah sejak tahun 90-an tapi semenjak tahun 2013, sekolah bisa mengatur peraturannya sendiri maka beberapa sekolah mewajibkan para siswanya mengenakan seragam. Seragam sekolah resmi di Rusia biasanya atasan putih dan bawahan coklat.

3 Korea Utara

Di Korea Utara, mengenakan seragam adalah suatu kewajiban: siswi mengenakan gaun dan siswa mengenakan kemeja dengan celana. Tapi ada salah satu bagian yang wajib ada di setiap seragam sekolah Korea Utara, yakni dasi berwarna merah. Hal ini menyimbolkan kekuatan politik Korea Utara.

2 India

Seragam siswi sekolah menengah di India.

Sebagian besar sekolah di India mewajibkan muridnya mengenakan seragam. Siswa laki-laki wajib mengenakan kemeja dengan lengan pendek, celana pendek, kaos kaki, dan sepatu berwarna gelap. Akan tetapi untuk siswi perempuan wajib mengenakan rok panjang dan celana.

1 Indonesia

Ketika kalian lulus SMA 100 % pasti ini yang akan kalin lakukan, ngaku aja deh!

Beda lagi dengan seragam di Indonesia, seperti yang kita tahu kalau seragam untuk SD, SMP, dan SMA berbeda-beda warnanya seperti merah, biru tua, dan abu-abu tapi atasannya selalu berwarna putih. Tapi masih ada juga seragam pramuka, seragam batik, atau seragam khusus identitas sekolah, ditambah lagi seragam olahraga.

Tapi yang unik dari itu semua adalah setelah para siswa ini lulus ujian nasional, sebagian besar dari mereka akan berkumpul dan mencoret-coret seragam mereka dengan pilox atau spidol. Kasus seperti ini cuma ada di Indonesia lho hingga negera lain heran dengan fenomena ini.

Menurutmu seragam mana yang paling menarik? Yuk tulis komentarmu dibawah!

Baca juga : Awas Baper, 11 Foto Ini Buktikan Friendzone Hanya Untuk Mereka yang Berhati Baja

(Visited 78 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.