Thu. Sep 24th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Gadget Canggih ini Dapat Membahayakan Nyawa Manusia!

3 min read
Sharing is Caring

Apakah kalian pernah menonton film di mana robot menguasai dunia dan menindas manusia seperti di film Terminator?

Bagaimana dengan film mengenai seorang kloning yang dapat mencuri identitas orang yang ia tiru?

Karena teknologi pada masa kini sudah semakin canggih dan maju. Penyakit seperti kanker saja sudah bisa disembuhkan dengan teknologi medis terkini.

Teknologi yang terus berinovasi dan berkembang menjadikan hidup kita semakin dimanjakan dengan adanya penemuan-penemuan baru yang mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, manusia menjadi semakin bergantung kepada teknologi. Teknologi zaman sekarang mampu untuk melakukan tugas sehari-hari manusia yang sederhana.

Teknologi “smart” seperti smart home, smart car, smart camera, smart TV, dan lain-lain sudah semakin umum digunakan oleh banyak orang.

Tahukah kalian bahwa teknologi yang selalu memudahkan kita sehari-hari ternyata bisa saja menyusahkan bahkan membahayakan kita? Apalagi ketika di-retas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Berikut Teknologi Canggih yang dapat membahayakan nyawa Manusia.

1. Home Assistant Dapat Memata-mataimu

Gadget Canggih di Sekitarmu yang Ternyata Bisa Membahayakan Nyawa 1

Teknologi Home Assistant canggih seperti Alexa milik Amazon memang dapat membuat hidup kita jauh lebih mudah.

Baca juga  Apple Komitmen Akan Lebih Jujur Soal "Update" Yang Sempat Jadi Masalah

Soalnya, dengan hanya memberi perintah ke alat tersebut, kita dapat mengontrol alat smart lain yang terkoneksi.

Selain itu, Home Assistant juga dapat disambungkan ke kartu kredit, rekening bank, hingga password kalian untuk mempermudah transaksi belanja keperluan dan kebutuhan.

Namun, bayangkan apa yang terjadi jika Home Assistant kalian di-hack dan sang hacker tersebut mendapatkan informasi kartu kredit yang kalian simpan di Home Assistant. Bisa-bisa rekening kalian terkuras habis!

Selain itu, apabila Home Assistant di-hack, peretas tersebut juga dapat merekam pembicaraan melalui microphone yang telah tertanam di Home Assistant.

2. Self-Driving Car Dapat Membuatmu Menabrak

Hasil gambar untuk self driving car

Sudah tahukah kalian tentang teknologi mobil yang dapat berjalan dengan sendirinya?

Bayangkan kalian tak perlu capek-capek untuk mengemudikan mobil dan menderiat macet untuk sampai ke tujuan. Tinggal masukkan destinasi tujuan ke GPS, mobil akan otomatis berjalan.

Namun, nyatanya memang tak seindah ekspektasi. Namanya teknologi pasti akan ada saatnya mengalami troubleshoot atau error.

Bisa saja terjadi kejadian di mana sensor smart car tersebut tidak dapat mendeteksi pejalan kaki di depannya sehingga akhirnya menabrak dan terjadi kecelakaan.

Baca juga  Benarkah,Indonesia Sahkan Aturan Blokir Smartphone Black Market Pada Agustus 2019

3. Smart Toys Dapat Membunuhmu

Hasil gambar untuk Smart toys

Sebuah boneka, robot, atau mainan lainnya yang dapat berinteraksi secara realistik kepada anak-anak dapat membantu mereka dalam mengenal komputer ataupun mengembangkan skill berkomunikasi sejak dini.

Tapi apa jadinya kalau mainan anak-anak yang canggih tersebut memiliki sifat pembunuh berdarah dingin seperti Chucky dalam film Child’s Play?

Jangan salah. Robot mainan yang sudah semakin canggih kini bisa dikendalikan dengan remote bahkan diprogram secara otomatis.

Robot tersebut dapat diprogram oleh orang tidak bertanggung jawab untuk memegang benda berbahaya seperti pisau dan menyakiti orang tanpa perlu merasa bersalah.

4. Smart Watch Dapat Mencuri Identitasmu

Hasil gambar untuk Smartwatch

Dari sekian banyak gadget pintar yang beredar di pasaran, smart watch merupakan salah satu gadget yang paling populer dan banyak yang menggunakannya

Fitur-fitur canggih seperti ini dapat menerima panggilan telepon, membuka pesan, hingga mengukur detak jantung, semuanya dapat dilakukan oleh gadget canggih ini.

Baca juga  Realme 4 Akan Segera Hadir Untuk Menggantikan Realme 3

Namun, ada salah satu fitur smart watch yang bisa dibilang berbahaya apabila disalah gunakan oleh orang jahat. Fitur tersebut adalah sensor yang mampu melacak gerakan.

Mengapa berbahaya? Karena hacker dapat melacak peregerakanmua ketika akan memasukkan PIN ATM atau password sehingga kamu bisa kecurian tanpa kamu sadari.

5. CCTV Dapat Memantaumu Tanpa Kamu Ketahui

Hasil gambar untuk Smart CCTV

Apakah kalian menggunakan CCTV di rumah untuk memonitor keamanan? CCTV memang sangat berguna untuk kalian yang selalu waspada dan khawatir dengan kondisi rumahmu.

CCTV zaman sekarang dapat disambungkan dengan perangkat yang kalian miliki hanya bermodalkan internet. Jadi, kalian dapat mengawasi rumah kalian di mana saja dan kapan saja.

Tetapi, hal itu juga berbahaya. Apabila di-hack, tak hanya kalian yang bisa mangawasi rumah, kalian juga bisa diawasi oleh sang-hacker melalui CCTV tersebut.

Itu dia beberapa gadget canggih yang dapat membahayakan nyawa manusia.

Baca Juga : Aksesoris Gadget Termahal di Dunia

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.