Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Efek Positif Bermain Game di Dalam Bidang Medis, Dapat Menyembuhkan Kanker!

3 min read
Sharing is Caring

Pada zaman dulu, bermain game merupakan suatu hobi yang selalu dianggap hobi yang membuang waktu dan uang.

Banyak sekali kejadian buruk dikarenakan bermain game, mulai dari kasus bolos sekolah, bahkan ada yang sampai meninggal karena bermain game.

Di tengah era game yang semakin berkembang dengan pesat, efek-efek negatif tersebut dapat terpatahkan.

Banyak orang-orang yang meraih prestasi dan dicintai akibat bermain game. Bahkan, ada juga, orang yang mendapat penghasilan yang besar karena bermain game.

Selain membangun karakter menjadi lebih kompetitif, ternyata bermain game juga memiliki efek positif terhadap dunia kesehatan.

Berikut efek positif yang dihasilkan ketika bermain game.

1. Meningkatkan Semangat Hidup Pasien Penderita Kanker

Hasil gambar untuk cancer kids victim

Peneliti dari Departemen Kedokteran Anak di University of Utah, Amerika Serikat melakukan studi ini kepada beberapa pasien kanker anak yang sedang dirawat disana.

Para pasien kanker anak tersebut diberikan kesempatan untuk bermain game yang telah didesain khusus bagi para pasien.

Game tersebut merupakan game yang membutuhkan gerakan fisik ringan untuk dimainkan, seperti pada game-game Nintendo Wii pada umumnya.

Baca juga  5 Fakta Seru Mengenai Game

Hasilnya cukup memuaskan. Para anak pengidap kanker tersebut terlihat lebih memiliki semangat hidup serta motivasi untuk terus berjuang melawan kankernya.

2. Menyembuhkan Pasien Terapi Penyakit Asma, Obesitas, dan Saraf Motorik

Hasil gambar untuk obesity victim

Selain mampu meningkatkan semangat hidup pasien anak penderita kanker, ternyata game yang membutuhkan gerakan fisik juga dapat membantu menyembuhkan penyakit lain.

Studi ini menunjukkan angka penelitian mengenai dampak game yang membutuhkan aktivitas tubuh terhadap penderita penyakit seperti asma, obesitas, dan kelainan saraf motorik semakin meningkat.

Pasien yang memiliki penyakit tersebut perlahan mulai sembuh setelah diberikan terapi yang melibatkan game dengan aktivitas fisik.

Wajar saja, karena game motorik yang membutuhkan kinerja otak dan tubuh pastinya dapat meningkatkan kemampuan dan stamina kita.

Peneliti dari University of Utah ini mengatakan bahwa game motorik memiliki sifat intervensional non-farmasi yang dapat membuat pasien perlahan merubah kebiasaan buruknya agar lebih sehat.

3. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Hasil gambar untuk playing rubik's cube

Sering sekali kalau kita sedang bermain game, kita menjadi tergerak untuk memecahkan puzzle atau hanya sekedar menyelesaikan masalah di dalam game.

Baca juga  Gak Nyangka! Berikut Daftar Negara yang Paling Banyak Streaming Blackpink, Indonesia Ada?

Menurut para ahli, hal tersebut ternyata ikut terbawa ketika kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Kemampuan memecahkan masalah yang kita lakukan didalam dunia game akan membuat kita semakin terlatih dalam menghadapi masalah yang kita hadapi sehari-hari.

Berdasarkan suatu penelitian di tahun 2013, Banyak remaja yang bermain video game yang mengandalkan strategi menjadi semakin mudah dalam memecahkan masalah dan nilai sekolah tahun berikutnya.

Selain meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, game dinilai mampu membuat seseorang menjadi semakin kreatif.

4. Mengobati Depresi

Hasil gambar untuk Depression man

Grzegorz Bulaj, seorang Profesor di bidang Pengobatan Kimia di University of Utah menyatakan bahwa bermain game dapat melepaskan hormon dopamin yang ada di otak.

Saat dilepaskan dalam jumlah yang pas, hormon ini bisa meningkatkan suasana hati, sehingga orang akan merasa lebih senang dan bahagia.

Menurut studi yang dilakukan oleh Bulaj dan tim, game seringkali dianggap sebagai bagian dari pengobatan pribadi pasien yang dapat memberikan kesenangan.

Bermain game akan menggerakkan sistem saraf parasimpatik yang bisa menurunkan ketegangan akibat stress yang dialami oleh penderita depresi.

Baca juga  Jangan Minum Kopi Bersama Makanan ini, Bisa Kelar Hidup Kamu!

Game sederhana seperti Subway Surf yang mudah diakses dan dimainkan dan sudah terbukti dapat menghilangkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati pemain.

5. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Hasil gambar untuk concentration

Ketika bermain game yang ber-genre game battle royale, tentu saja kita harus selalu waspada dengan keadaan sekitar kita. Bisa saja ada lawan yang muncul secara tiba-tiba.

Kewaspadaan dalam bermain game membutuhkan kita untuk berkonsentrasi dan memusatkan fokus pada apa yang sedang kita lakukan.

Dengan melakukan hal ini secara terus menerus, kita akan semakin mudah dalam berkonsentrasi untuk melakukan pekerjaan atau tugas kita.

Penemuan ini menunjukkan jika bermain video game mungkin bisa membantu rehabilitasi pada orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan atau bahkan membantu para anggota militer untuk melatih konsentrasi.

Itu dia efek positif yang didapatkan jika kalian bermain game.

Baca Juga : 5 Cara Teknologi yang Dapat Merusak Hubungan Manusia

(Visited 18 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.