Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Urban Legend Terseram yang ada di Indonesia

3 min read
Sharing is Caring

Siapa yang disini masih asing dengan istilah Urban Legend?

Urban legend adalah merupakan mitos atau legenda kontemporer yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor, atau bahkan kisah moral. Urban Legend tidak selalu berarti kisah bohong namun sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut. Urban Legend juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadi lebih sensasional.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan dan cerita rakyatnya, begitu juga dengan cerita horor yang beragam dari setiap daerah. Kisah ini menjadi sebuah urban legend yang diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia hingga menjadi sejarah.

Seluruh kisah urban legend dikisahkan dari seorang manusia yang mati tak wajar atau mati penasaran hingga menjadi arwah gentayangan.

Apa saja kisah urban legend yang ada di indonesia ? yuk simak artikel berikut ini.

1. Hantu Kepala Buntung Jeruk Purut

Hasil gambar untuk hantu jeruk purut

Pertama dari kisah di TPU Jeruk Purut yang sejak dahulu sudah menjadi cerita horor yang diceritakan turun-temurun, Hantu Kepala Buntung. Kisahnya berawal dari cerita sang penjaga kuburan Jeruk Purut yang melihat penampakan hantu yang membawa kepalanya ditangannya.

Hantu ini dikisahkan sebagai seorang pastur gentayangan yang mencari pemakamannya.

Baca juga  5 Channel YouTube Animasi Asli Indonesia

2. Si Manis Jembatan Ancol

Gambar terkait

Kisah satu ini sudah terkenal sejak tahun 90-an. Kalian yang di zaman itu sudah duduk di bangku SMP atau SMA pasti sudah tahu dengan cerita ini. Si Manis Jembatan Ancol diceritakan seorang gadis cantik yang diperkosa kemudian dibunuh.

Tubuhnya pun dibuang ke Jembatan daerah Ancol dan gentayanganlah arwahnya sampai sekarang ini. Satu kisah menceritakan seorang pelukis jalanan yang didatangi oleh gadis cantik, lalu diminta untuk dilukis. Setelah selesai melukis, sang gadis hilang secara misterius.

3. Terowongan Casablanca

Hasil gambar untuk terowongan casablanca

Kalau Urban Legend yang satu ini pasti kalian sudah pernah dengar. Kisah horor di Terowongan Casablangca yang sempat populer dan melegenda di Indonesia, khususnya di daerah Jakarta. Terowongan Casablanca dikisahkan dahulu sebagai kuburan massal yang dibuat terowongan.

Sedangkan mayat yang ada di kuburan massal itu tidak dipindahkan dan gentayangan di sekitar terowongan. Menurut cerita yang beredar, banyak kecelakaan yang terjadi di Terowongan Casablanca yang disebabkan oleh arwah gentayangan.

4. Hantu Jamu Gendong

urban-legend-terseram-indonesia-6

Apakah kalian sering membeli jamu di pedagang jamu gendong? Ada cerita seram kisah dibalik seorang pekerja jamu gendong. Berawal dari penjual jamu gendong yang diperkosa dan dibunuh hingga arwahnya gentayangan guys.

Baca juga  Unjuk Kekuatan Jelang Hadapi Indonesia, Timnas Malaysia Hajar Negara Peringkat 116 FIFA

Lalu ada cerita yang beredar tentang seorang satpam yang membeli jamu di malam hari, awalnya ia tak menyangka bahwa si penjual adalah hantu. Saat ia hendak mengambil uang untuk membayar, sang penjual jamu itu pun hilang secara misterius dan gelas jamu yang ia minum itu berubah isinya menjadi darah.

5. Kuntilanak

Hasil gambar untuk Kuntilanak

Kuntilanak merupakan hantu yang diceritakan sebagai ibu hamil yang dibunuh saat masih mengandung anaknya. Arwah gentayangannya dikisahkan memiliki rambut panjang yang kumal dan memakai baju berwana putih kotor.

Hantu ini dikatakan muncul pada saat waktu maghrib atau seusai hujan yang ditandai dengan suara rintihan. 

6. Wewe Gombel

Hasil gambar untuk Wewe Gombel

Wewe gombel sendiri berasal dari istilah bahasa Jawa yang berarti roh jahat yang suka menculik anak kecil. Kisah hantu wewe gombel ini berawal dari seorang wanita yang ditinggal oleh suaminya karena tidak bisa memberikan keturunan.

Sang wanita ini dikucilkan oleh suaminya hingga ia pun menjadi gila dan bunuh diri. Sang wewe gombel ini terkenal sering menculik anak kecil karena ibunya tidak menyayangi anak itu. Namun, anak itu akan dikembalikan jika sang orangtua dari anak itu sadar akan perbuatannya.

Baca juga  Makanan Asal Indonesia Ini Jadi Tren di Negara Australia, Kamu Sudah Mencoba?

7. Genderuwo

Hasil gambar untuk Genderuwo

Genderuwo merupakan makhluk halus yang dikatakan memiliki tubuh tinggi besar dengan rambut di sekeliling tubuhnya. Salah satu kisah asal usul genderuwo yaitu orang yang mati penasaran guys.

Genderuwo suka menggoda kaum perempuan, ada kisah yang menceritakan bahwa genderuwo bisa berubah wujud menjadi seorang suami dan menyetubuhi istrinya.

8. Suster Ngesot

Hasil gambar untuk Suster Ngesot

Terakhir adalah suster ngesot, hantu yang berwujud seorang suster yang menyeret dirinya untuk berjalan. Suster ngesot sendiri dikisahkan berasal dari seorang suster yang diperkosa secara brutal sampai meninggal.

Suster ngesot ini sering terlihat di rumah sakit pada malam hari, banyak kejadian yang mengatakan bahwa penampakan suster ngesot ini sering ada di rumah sakit di sekitar Jakarta.

Itu dia urban legend terseram di Indonesia yang dapat membuat malam mu ketakutan. tentu masih banyak lagi sosok dari kisah urban legend di Indonesia yang menyeramkan, menurut kalian hantu apalagi yang cocok untuk berada di daftar?

Baca Juga : Tokoh Hantu Film ini Ternyata ada Didunia Nyata!

(Visited 77 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.