Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Canggih, Mobil Kijang Jadul Diubah Jadi Kendaraan Listrik

2 min read
Sharing is Caring

Siapa yang telah menyangka kalau mobil kijang jadul ini dapat dirubah menjadi sebuah mobil listrik? LIPI telah berhasil untuk menciptakan sebuah penemuan yang baru telah diberi nama Konversi Kijang Lisrik.

Mobil Kijang Super tahun 1990-an ini sebelumnya menggunakan BBM sebagai bahan bakarnya ini , kini telah dijadikan bahan penelitian oleh para peneliti di LIPI.

Menurut informasi yang telah dikutip dari situs web LIPI, Selasa (18/6/2019), mobil ini telah diubah sebagai mobil listrik dan dapat berpotensi menggantikan mesin penggerak kendaraan yang sebelumnya menggunakan BBM disektor transportasi darat.

Mengenai spesifikasi mobil Kijang ini masih berbeda dengan spesifikasi dari bawaan mobil yang sebelumnya. Juga terdapat perubahan-perubahan agar mobil ini dapat berhasil menjadi mobil listrik.

Baca juga  Inilah Aksi Konyol Saat Tirukan Seleb Korea, No.10 Bikin Ngakak!

Untuk perubahan tersebut di antaranya adalah tegangan yang telah digunakan sebesar 96 volt dan mempunyai 3 fase induksi motor.

Tenaga yang saat ini dihasilkan lebih besar yaitu 52 PS, di mana yang maksimal kecepatannya 6500 rpm dengan torsi 156 nm serta kontrol sebesar 96 volt/550 ampere.

Jarak Tempuh

Mobil ini sangat memerlukan charger atau sistem pengisian dengan menggunakan tegangan 96 volt/25 ampere dengan juga kemampuan 120 km/jam dan untuk jarak tempuh sekali pengisian baterai dengan yaitu sebesar 75 km.

Tak hanya spesifikasinya kini yang diubah, mobil lisrik ini memiliki keunggulan yang telah memberikan dampak positif bagi lingkungan serta juga penggunaanya.

Beberapa di antaranya juga ramah lingkungan dan efisiensi untuk penggunaan energi 2 kali lebih efisien jika dibandingkan dengan kendaraan yang berbasis motor baker (mesin konvensional), dan menurunkan mengenai biaya perawatan dan operasional.

Baca juga  Tidak Hanya Kejam, Manusia ini juga Pemuja Setan!
(Visited 11 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.