Mon. Jul 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Telah ditemukan Teknologi Manipulasi Otak, Bisa Menghapus Ingatan Buruk!

4 min read
Sharing is Caring

Ingatan apa yang paling meresahkan dalam kehidupanmu?

Apapun ingatan yang paling melekat di otak kamu, entah itu kenangan baik atau buruk, jangan sampai hilang karena hal itulah yang akan membentuk jati diri kamu.

Namun, jika kalian memiliki ingatan yang meresahkan, tentu kalian akan mencari segala cara untuk melupakannya. Belakangan ini, terdapat penemuan teknologi canggih yang dapat memanipulasi ingatan.

Termasuk melupakan ingatan yang tidak ingin kamu ingat lagi. Tak hanya itu, ada banyak lagi yang bisa dilakukan oleh teknologi manipulasi ingatan.

Ingatan atau memori merupakan fungsi kognisi dari otak yang akan mengambil informasi dari seluruh indra dalam tubuh lalu disimpan.

Wujud dari ingatan ini tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, tapi bisa digambarkan sebagai sinyal yang tersimpan dalam saraf otak.

Setiap kalian mendapat rangsangan dari berbagai indra, maka akan disalurkan ke otak dan proses selanjutnya dapat dilakukan.

Proses ini dilakukan dengan sangat cepat, umumnya pesan yang diantar ke otak melalui saraf melesat dalam kecepatan 274 kilometer per jam.

Pesan lalu akan tersimpan di beberapa sel yang menjadi bagian dari hippocampus otak. Ingatan yang disimpan ini bisa sesekali ‘hilang’, sehingga terjadi yang namanya lupa.

Teknologi Manipulasi Ingatan Manusia speed of memory

Dikutip dari Scientific American, terdapat dua sistem memori dalam otak manusia yaitu memori jangka pendek dan jangka panjang.

Memori jangka pendek akan mengingat secara detail dalam durasi yang terbatas, sedangkan memori jangka panjang akan menyimpan ingatan lama tapi tidak detail.

Sayangnya, ingatan manusia terbatas dan akan tergantikan oleh ingatan baru. Itulah alasan mengapa kalian terkadang lupa apa yang dilakukan minggu lalu dalam waktu yang spesifik.

Baca juga  Teknologi Super FlashCharge dari Vivo mengisi telepon 4.000 mAh dalam 13 menit

Namun, hal ini belum bisa dibuktikan secara mutlak, buktinya kalian bisa mengingat hal yang ada di masa lalu secara acak.

Informasi tentang cara kerja otak manusia memang rumit dan dapat sewaktu-waktu berubah. Penjelasan mutlak tentang ingatan manusia adalah sebuah misteri.

Belakangan ini, muncul beberapa penemuan mengejutkan dari berbagai ilmuan yang dapat memanipulasi otak dengan menggunakan laser.

Hal ini dijelaskan oleh jurnalis bernama Vice saat membahas tentang penelitian ingatan yang dilakukan oleh Steve Ramirez dan almarhum Xu Liu.

Peneliti ini mengatakan dapat menanamkan false memory alias ingatan buatan pada otak tikus. Artinya manipulasi bagi otak manusia juga dapat bisa dilakukan.

Berikut Teknik Manipulasi Otak yang dapat diterapkan pada Manusia.

1. Merasakan Kembali Ingatan Lampau

Teknologi Manipulasi Ingatan Manusia 1

Ramirez dan Liu awalnya mencoba untuk memberikan ingatan yang pernah dirasakan oleh tikus. Mereka memberikan setruman kepada tikus sehingga tikus nanti akan merasa ketakutan dan mengingatnya.

Setelah itu, mereka menembakkan laser pada unduk-unduk tikus dengan kepercayaan cahaya yang dihasilkan laser dapat mengaktivasi sel-sel tertentu.

Ternyata benar, sang tikus ini terlihat ketakutan yang sama saat akan disetrum. Jika penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut, maka seharusnya dapat diterapkan pada manusia.

2. Memberikan Ingatah Palsu

Teknologi Manipulasi Ingatan Manusia 2

Selain memberikan ingatan yang sudah ada di masa lampau, ada juga memberikan ingatan atau perasaan palsu.

Penelitian ini juga dilakukan pada tikus dengan cara disetrum pada kotak tertentu, lalu menembakkan laser pada otak tikus secara bersamaan.

Keesokan harinya sang tikus percobaan ini ditempatkan di kotak lainnya. Hasilnya, sang tikus tetap merasakan ketakutan seperti disetrum pada kotak dahulu.

Baca juga  Teknologi Canggih Masa Kini yang ternyata sudah ada Sejak Zaman Kuno!

Hal ini juga bisa diterapkan pada manusia, di mana kalian akan diberikan rasa penyiksaan atau rasa kecanduan pada momen dan tempat tertentu.

Jika kalian berada pada kejadian yang serupa di masa yang akan datang, maka perasaan itu akan muncul kembali.

3. Menghilangkan Ingatan

Teknologi manipulasi memang terlihat menyeramkan, sama seperti menghilangkan ingatan seseorang atau lebih tepatnya menggantikan ingatan.

Sama seperti memberikan ingatan palsu, cara untuk menghapus ingatan manusia adalah menempatkan ingatan lain yang akan menggantikan ingatan tertentu.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penggunaan propranolol mampu menghambat rangsangan pada norepinephrine yang memberikan ‘rasa’ pada manusia.

Contohnya kalian akan mengalami rasa trauma dengan mantan pacar di toko buku yang bisa membuat perasaanmu menjadi kesal dan jantung berdebar-debar.

Dengan menggunakan propranolol secara berulang-ulang, rasa kesal itu akan berkurang hingga tidak terasa sama sekali.

Hal ini pun dipercaya mampu mengurangi rasa trauma yang berlebihan. Ingatan tidak dapat dihapuskan, tapi kesan akan ingatan tersebut bisa hilang dan digantikan dengan perasaan lainnya.

Namun, beberapa penelitian sedang dikembangkan lebih lanjut untuk manipulasi ingatan seperti ini.

4. Menghilangkan Phobia

Teknologi Manipulasi Ingatan Manusia 4

Selanjutnya adalah menghilangkan phobia yang dimiliki. Penelitian yang dilakukan pada tikus, membuktikan bahwa phobia dapat dihilangkan dengan mengulang-ulang kembali trauma.

Ramirez melakukan penelitian terhadap tikus dengan sedikit menyetrumnya di kotak tertentu. Sehingga tikus tersebut selalu merasa ketakutan saat berada di dalam kotak.

Namun, setelah Ramirez menembakan laser ke dalam bagian tertentu otak tikus dengan ingatan takut yang pernah dialami tikus tersebut.

Hasilnya, sang tikus percobaan tersebut tidak lagi merasa ketakutan saat ditempatkan persis di dalam kotak tempat ia disetrum.

Baca juga  Game ini Terinspirasi dari Kisah Nyata!

Hal ini juga mampu diterapkan pada manusia, siapa tahu kalau kalian dapat menghilangkan rasa takut atau phobia dalam waktu yang singkat.

Kalian pun dapat menghilangkan phobia tersebut dengan cara mengulang kembali kejadian pertama yang menyebabkan kamu phobia.

Seperti tenggelam di laut, terkunci di ruangan gelap, coba untuk menyelam bersama pendamping berulang-ulang. Jika kalian dapat melakukannya, lama-kelamaan phobia itu akan menghilang.

5. Membuat Ingatan Super

Teknologi Manipulasi Ingatan Manusia 5

Terakhir adalah mengembalikan ingatan yang telah ‘hilang’. Mungkin hal ini terdengar mustahil dan hanya sebuah khayalan belaka.

Nyatanya bisa. Setidakanya hal ini dipercayai oleh Theodore Berger, seorang profesor teknik biomedis dan neuroscience di University of Southern California.

Ia mempercayai bahwa ingatan yang tersimpan di otak dalam bentuk ingatan jangak pendek dapat diubah menjadi ingatan jangka panjang.

Hal ini dilakukan bisa dilakukan dengan menggunakan alat tertentu sehingga ingatan detail tentang satu hal dapat diingat dalam jangka yang panjang.

Menarik bukan, jika kalian dapat mengingat banyak hal dalam jangka waktu yang lama, mungkin bisa untuk memotivasi hidup kedepannya agar lebih baik.

Itu dia teknologi manipulasi otak yang dapat diterapkan kepada manusia di masa depan. Teknologi ini tentunya digunakan untuk kepentingan tertentu seperti mengatasi masalah ingatan dan trauma yang diderita. Jangan sampai digunakan untuk hal yang negatif, bisa jadi teknologi ini akan jadi sangat berbahaya untuk manusia.

Baca Juga : Teknologi Canggih Masa Kini yang ternyata sudah ada Sejak Zaman Kuno!

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.