Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teknologi Canggih Masa Kini yang ternyata sudah ada Sejak Zaman Kuno!

3 min read
Sharing is Caring

Perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat tidak bisa lepas dari kemampuan berpikir manusia yang juga semakin meningkat. Gizi yang baik serta pendidikan tinggi yang didapat membuat manusia mampu untuk berinovasi dalam ilmu pengetahuan.

Namun, siapa sangka kalau ada beberapa teknologi masa kini yang ternyata sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Ada juga teori yang mengatakan kalau teknologi kuno itu merupakan bekas peninggalan Alien di bumi.

Memang , tidak secanggih seperti teknologi modern yang kita gunakan pada saat ini. Tapi cara kerja alatnya mirip! Bisa dikatakan bahwa teknologi kuno ini merupakan awal dar teknologi modern.

Penasaran dengan teknologi tersebut? Berikut Teknologi Masa kini yang sudah ada sejak Zaman kuno.

1. Jam

Hasil gambar untuk Jam matahari

Salah satu contoh teknologi modern yang sudah ada sejak jaman kuno adalah jam. Namun, jam di jaman kuno pastinya tidak secanggih smartwatch ataupun jam mewah yang berlapis emas dan berlian yang ada di tanganmu sekarang.

Manusia yang hidup di zaman kuno menggunakan jam yang mempunyai mekanisme simpel namun tetap presisi dalam menunjuk waktu. Contohnya seperti jam matahari yang menggunakan bayangan untuk menunjukkan waktu.

Baca juga  5 Ponsel Sultan Yang Dulu Harganya Selangit, Sekarang Siapapun Bisa Beli !

Tentu saja jam yang digunakan manusia di zaman kuno bukanlah jam yang berukuran kecil seperti sekarang ini namun merupakan jam yang memiliki ukuran yang sangat besar. Jam masih terus berkembang dengan mengikuti zaman sampai sekarang.

2. Baterai

Hasil gambar untuk Baghdad Battery

Pada tahun 1936, seorang pekerja rel kereta api di Baghdad menemukan sebuah wadah unik yang terbuat dari tanah liat dan di tengahnya terdapat batang besi.

Arkeolog yang meneliti benda tersebut mengatakan bahwa wadah tanah liat tanpa ukiran ini merupakan sebuah sumber energi listrik di zaman kuno. Benda ini kemudian disebut dengan nama Baterai Baghdad.

Para ahli percaya bahwa baterai kuno ini digunakan untuk melakukan electroplating atau tindakan melapisi logam dengan logam lainnya dengan bantuan listrik.

3. Kompas

Hasil gambar untuk viking sunstone

Kalian tahu bangsa Viking? Bangsa Viking yang berasal dari Skandinavia, terkenal akan sifatnya sebagai penjelajah, serta sifat pelautnya yang tangguh.

Baca juga  Xiaomi Pecat Karyawannya yang Meniru Karya Orang Lain!

Pelaut yang tangguh tentu tidak lepas dari peranan navigasi yang canggih. Pada zaman dahulu, para pelaut memanfaatkan matahari untuk mencari arah mata angin. Namun apa yang terjadi ketika matahari tidak terlihat?

Dalam kisah kuno bangsa Viking, terdapat legenda mengenai kristal ajaib yang disebut “Sunstone”. Kristal tersebut dikabarkan mampu mendeteksi lokasi matahari.

Sunstone yang terbuat dari kristal unik tersebut akan memantulkan cahaya yang ada lalu merefleksikannya hingga penggunanya dapat memprediksikan letak matahari.

Para peneliti bahkan berpendapat bahwa Sunstone merupakan teknologi kuno yang lebih maju dibandingkan kompas, dan bisa dikatakan hampir secanggih GPS yang ada di HP kita saat ini.

4. Reaktor Nuklir

Hasil gambar untuk nuke reactor gabon

Pada tahun 1972, sebuah pabrik dari Perancis mengimpor benih uranium dari Gabon, Afrika Barat. Namun, kandungan uranium yang berada di dalamnya ternyata sudah diekstraksi.

Mereka kemudian pergi ke tempat asal benih uranium tersebut dan meneliti lokasi tersebut. Ternyata lokasi tersebut merupakan sebuah reaktor nuklir skala besar di zaman kuno.

Baca juga  8 Benda Super Kreatif Yang Sangat Bermanfaat, Seandainya Diproduksi Besar-besaran

Penelitian lanjut itu menyatakan bahwa tambang tersebut sudah ada sejak 1,8 miliar tahun yang lalu dan dipercaya telah beroperasi selama kurang lebih 500.000 tahun.

Seorang ahli nuklir dari Amerika Serikat mengatakan bahwa ini bukanlah merupakan fenomena alami karena untuk membakar uranium dan menghasilkan reaksi, dibutuhkan kondisi yang tepat.

5. Senjata Laser

Hasil gambar untuk Archimedes Laser

Mungkin penggunaan senjata laser yang kita lihat selama ini hanya ada di negara-negara dengan teknologi militer canggih. Tapi kalian tahu tidak kalau pada tahun 212 SM, Archimedes berhasil menciptakan senjata laser pertama?

Archimedes, seorang matematikawan Yunani memanfaatkan sinar matahari yang dipantulkan oleh cermin berbentuk parabola. Dikatakan bahwa senjata laser buatan Archimedes dapat membakar sebuah kapal Romawi.

Itulah beberapa teknologi canggih yang ternyata sudah ada sejak zaman kuno.

Baca Juga : Teknologi Canggih ini sudah lama ada di Indonesia

(Visited 49 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.