Tue. Sep 22nd, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Riset Telah Terungkap 5 Tipe Gamers, Kamu yang Mana?

3 min read
Sharing is Caring

Sekarang industri gaming telah tumbuh menjadi salah satu industry untuk hiburan terbesar di dunia. Gamers pun juga ikut berkembang.

Dengan sejarah  dari puluhan tahun, gamers sekarang ada di semua generasi dan  juga di semua bidang. Gamerstak lagi stereotip anak laki-laki yang tengah betah di kamar dan asik dengan perangkatnya.

Perusahaan pun juga perlu memahami siapakah gamers pada saat ini. Karenanya, Lenovo telah melakukan riset pasar untuk melihat siapa gamers masa kini, khususnya untuk pemain PC gaming. Menurut riset pada Lenovo, ada 5 tipe gamers, antara lain:

1. Hardcore

Hardcore gamers merupakan gamer yang telah bermain gim selama 10 tahun lebih, dan juga bermain gim demi passion-nya.

Terkadang usianya lebih muda dan fokus untuk memainkan gim multiplayers. Bermain gim merupakan prioritas yang utama mereka dalam mencari hiburan.

Baca juga  Gak Nyangka Banget, Satu Fakta Artis Jepang ini Akan Bikin Kamu Kaget, Dia Ternyata..

2. Avid

Merupakan Gamers yang telah bermain gim selama 9 tahun atau lebih. Mirip dengan hardcore, tapi avid gamer lebih sering bermain dengan sendiri dan menikmati menonton streaming gim. Mereka tidak begitu sering memperhatikan kualitas grafis sebagai prioritas.

3. Moderate

Merupakan Gamers yang sudah bermain gim selama rata-rata 15 tahun. Mereka terkadang agak lebih tua dibanding 2 grup pada sebelum. Mereka suka bermain gim tapi tidak senang untuk menonton online streaming.

4. Casual

Adalah Gamers yang telah bermain gim selama rata-rata 16 tahun. Mereka juga suka memainkan gim single player dan bermain saat ada waktu luang saja untuk bermain.

5. Casual Costumizers

Untuk yang satu ini adalah Gamers yang telah bermain gim selama rata-rata 24 tahun. Grup ini sudah tidak begitu sangat sering bermain gim dari pada dibanding dengan grup lainnya.

Baca juga  Ajang Pertandingan Esports yang Paling Ditunggu-tunggu di Tahun 2019

Terkadang kelompok gamers ini mempunyai PC gaming dan masih mengerti komponen terbaru dan cara membangun atau meng-upgrade PC nya.

Usia Mainkan Peranan Penting

Hasil gambar untuk waktu dalam bermain game

Publisher gim EA telah membayar sangat mahal mengenai gamers terkenal Ninja untuk mempromosikan Apex Legend melalui akun streaming Twitch-nya.

Di antara 5 kelompok gamers di atas, usia untuk memainkan peran begitu sangat penting. Saat urusan kerja dan keluarga masuk ke aspek kehidupan, waktu tersedia untuk bermain gim sudah menjadi terbatas.

Meski adanya begitu, hasrat untuk bermain dan keinginan untuk memperoleh pengalaman gamingyang terbaik masih juga tetap ada.

“Saat mereka semakin dewasa dan sudah mempunyai punya tanggung jawab lebih besar, cara main gim pun juga berubah. Dapat berubah dari hardcore gamers ke moderate gamers. Juga Tergantung dari pekerjaan atau kehidupan,” kata Nagaraj, yang dikutip dari keterangan resmi Lenovo, Sabtu (15/6/2019).

Baca juga  Orang ini Mirip dengan Tokoh Kartun Shrek!

Menurut hasil riset Lenovo mengatakan, rata-rata gamers telah bermain selama bertahun-tahun.

“Dengan hasil rata-rata 14 tahun, jelas dengan sebagian besar gamers saat ini merupakan usia dewasa yang bermain gim sebagai bagian dari rutinitas kehidupan dewasanya. Mereka juga mempunyai gim sebagai salah satu pilihan untuk hiburannya,” ucap Nagaraj.

Waktu Bermain Gim

Hasil gambar untuk waktu dalam bermain game

Mengenai waktu bermain, sudah sebagian besar gamer memilih untuk bermain pada malam hari (69 % dari total waktu keseharian).

Lalu, sisanya digunakan untuk melakukan kewajiban di pagi dan siang hari. Selanjutnya, 14 % gamers telah mengatakan mereka dapat bermain kapan saja mereka mau.

Tidak hanya itu juga, sebagian besar juga mengatakan bahwa pekerjaan (67 %) dan keluarga (56 %) terkadang menjadi penghalang bagi mereka untuk bermain lebih lama.

Baca juga: Tokoh Game ini Terinspirasi dari Mitologi Kuno

(Visited 43 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.