Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Gamer Merapat! Inilah Kampus yang memiliki Program Esports Terbaik di Dunia

3 min read
Sharing is Caring

Apakah kalian suka bermain game, khususnya game MOBA dan FPS? Pasti mau dong kuliah di kampus yang terdapat program eSport atau game?

Seiring perkembangan dan populernya olahraga elektronik atau eSport di dunia, berbagai kampus pun mulai menerapkan program eSport untuk menghasilkan tim Pro Player.

Tak hanya di luar negeri saja, tapi di Indonesia juga ada kampus dan sekolah yang memiliki program eSport yang resmi.

Tak hanya perusahaan yang punya tim eSport, ternyata ada juga kampus yang juga mempunyai program eSport.

Kampus atau universitas berikut tak hanya memiliki program kuliah eSport, tapi juga menghasilkan alumni Pro Player yang siap untuk bertanding secara profesional di turnamen internasional.

Apa saja kampus tersebut? daripada penasaran yuk disimak!

1. Universitas Dian Nuswantoro

Hasil gambar untuk UDINUS

Pertama adalah Universitas Dian Nuswantoro atau biasa dikenal dengan Udinus. Kampus ini berada di Semarang, Jawa Tengah dan terkenal dengan program barunya, yaitu eSport.

Udinus bekerja sama dengan IESPA Jateng untuk membuka program eSport ini, sementara cabang program utama eSport Udinus adalah Dota 2 dan CS:GO.

Baca juga  Sebelum Indonesia, Ini 5 Nama Yang Pernah Disematkan Kepada Nusantara

Mahasiswanya juga dapat memilih cabang sekunder, yaitu Mobile Legends, Point Blank, AOV, dan League of Legends.

Rencananya, kampus ini juga akan menambahkan beberapa cabang game lain seperti Overwatch, PUBG, FIFA, Tekken, Apex Legends dan lain-lain.

2. Miami University

Hasil gambar untuk Miami University

Selanjutnya adalah Miami University, kampus ini terletak di Miami, Ohio Amerika Serikat. Selain terkenal dengan program studinya yang terbaik, kampus ini juga memiliki program eSport.

Program eSport ini mulai diterapkan pada tahun 2016 lalu dan sukses memenangkan National Association of Collegiate eSports Overwatch pada tahun 2017.

Mahasiswa di kampus ini dapat berlatih serta bertanding di King Library yang tersedia di dalam kampus.

3. University of Chichester

Hasil gambar untuk University of Chichester

Kalau Universitas Chichester ini memiliki program 3 tahun masa kuliah untuk pembelajaran eSport.

Dalam kuliahnya, setiap mahasiswa akan diajarkan untuk bermain dan belajar untuk mengatur strategi di beberapa judul game, termasuk FIFA, Counter-Strike, LoL, DOTA 2 dan Project Cars.

Program ini membantu mahasiswanya untuk masuk ke dalam dunia game yang lebih serius dan profesional.

Baca juga  Efek Positif menjadi Player Sombong seperti ONIC Esports

Namun, untuk mengambil kelas eSport ini, kalian harus merogoh kocek sebesar 27.750 Euro atau setara dengan Rp440 jutaan.

4. Maryville University

Hasil gambar untuk Maryville University

Universitas Maryville terletak di St. Louise yang dahulu hanya dikhususkan untuk mahasiswi saja. Namun, sejak tahun 1960 sudah mulai menerima mahasiswa.

Pada tahun 2015, Universitas Maryville membuat program eSport dan menjadi pemenang di pertandingan League of Legends pada tahun 2016.

Rekor terbaik yang dimiliki oleh kampus ini adalah menang 40 kali berturut-turut di Collegiate Star League 2017.

5. University of Akron

Gambar terkait

Berlanjut ke Universitas Akron yang berencana akan membangun fasilitas eSport terbaik di antara kampus lainnya. Kampus ini terletak di Ohio, Amerika Serikat.

Mahasiswa yang mengikuti program eSport akan dibekali oleh pelatihan khusus dan fasilitas terbaik untuk bermain game.

Program eSport Universitas Akron mendukung banyak game seperti League of Legeds, Rocket League, CS:GO, Overwatch, dan Hearthstone.

6. Chung Ang University

Hasil gambar untuk Chung Ang University

Beralih ke kawasan Asia, Universitas Chung Ang yang terletak di Korea Selatan ini kini telah mempunyai fakultas baru, yaitu Department of Sport Science.

Baca juga  5 Fakta Seru Tekken, Salah Satu Game Fighting Terpopuler Sepanjang Masa

Sebelumnya, program ini melatih atlet untuk olahraga tradisional. Namun, seiring perkembangan olahraga semakin menuju ke bidang elektronik, maka dibuatlah cabang studi baru yaitu, eSport. 

7. Georgia Southern University

Hasil gambar untuk Georgia Southern University

Terakhir adalah Universitas Georgia Southern, kampus yang terletak di kota Atlanta yang dipenuhi dengan gedung pencakar langit.

Universitas ini mendukung program eSport profesional yang dapat menghasilkan atlet eSport yang hebat. Kini ada kurang lebih 18 atlet yang sedang mengikuti program eSport di sana.

Program eSport di universitas ini memiliki masing-masing tim untuk beberapa game, yaitu Overwatch, CS:GO, Call of Duty, dan masih banyak lagi.

Beberapa sponsor juga ikut membantu para tim eSport ini, seperti Pizza Hut, Discord, dan beberapa brand terkenal lainnya.

Itu dia beberapa kampus yang memiliki program eSport terbaik di dunia, dijamin langsung jago bermain game deh kalau kalian mengikuti program di kampus ini!

Baca Juga : Tim Esports Terbaik Didunia, Berpenghasilan Hingga Milyaran!

(Visited 25 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.