Wed. Jul 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Fitur iOS 13 Terbaru yang Sudah Lama ada di Android, Apple Plagiat?

3 min read
Sharing is Caring

Apple merilis cukup banyak produk pada acara WWDC19 yang diselenggarakan pada beberapa hari yang lalu.

Selain Mac Pro baru beserta Pro Stand yang harganya tidak masuk akal, Apple juga memperkenalkan beberapa sistem operasi seperti iOS 13 dan iPadOS.

iPadOS memang mendapatkan banyak mendapat respon positif, tapi tidak untuk iOS 13. Banyak fitur-fitur yang dimiliki ternyata sudah ada di Android sejak lama.

Salah satu kelebihan dari Apple -jika bisa disebut sebagai kelebihan- adalah kemampuannya untuk memperkenalkan fitur-fitur kecil seolah hal yang luar biasa dan revolusioner.

Hal ini telah mengakar sejak zamannya Steve Jobs, di mana sang pendiri Apple tersebut mampu meyakinkan konsumen bahwa produknya adalah yang terbaik dari yang lain.

Kebiasaan tersebut masih dijalankan bahkan setelah kematiannya, walaupun memang beberapa produk atau fitur yang diperkenalkan sudah dimiliki oleh kompetitor sejak lama.

Apa saja fitur terbaru iOS 13 yang sudah lama ada di Android? Berikut Fitur terbaru iOS 13 yang sudah lama ada di Android.

Baca juga  Benda ini Hampir Punah Seiring Perkembangan Zaman !

1. Mendukung Perangkat USB

fitur-baru-ios13-1
Sumber : Fossbytes

Mulai dari iOS 13 ini, iPhone yang kamu miliki akan bisa membaca penyimpanan USB seperti flash disk dan SD Card secara langsung.

Data-data yang ada di perangkat tersebut bisa diakses menggunakan aplikasi Files yang dimiliki iPhone dan iPad.

Masalahnya, Android sudah bisa melakukan hal ini sejak lama. Bahkan sudah ada banyak flash disk yang langsung bisa dihubungkan ke HP Android tanpa memerlukan kabel tambahan.

2. Dark Mode

Hasil gambar untuk Dark mode ios 13

Dark Mode juga hadir pada iOS 13 ini, yang di mana fitur ini sudah hadir terlebih dahulu di Android, tepatnya di Android Pie.

Walaupun begitu, Dark Mode versi Android masih dalam tahap pengembangan. Dan kabar baiknya, Android Q yang belum kita ketahui codename-nya akan memiliki fitur Dark Mode yang lebih sempurna.

Oleh karena itu, untuk fitur yang satu ini kita tidak bisa menuduh Apple yang meniru Android secara mentah-mentah. Mungkin saja mereka punya inovasi yang muncul secara bersamaan.

Baca juga  HP akhirnya memperbaiki trackpads yang mengerikan

3. Sign in with Apple Sama dengan Sign in with Google

Hasil gambar untuk iOS 13 fossbytes
Sumber : Fossbytes

Pada dasarnya, fitur Sign in with Apple sama dengan Sign in with Google atau Sign in with Facebook. Hanya saja ini Apple.

Kalian bisa masuk ke aplikasi pihak ketiga dengan mudah dan cepat, seperti yang sudah sering kita lakukan dengan Google dan Facebook.

4. Look Around Sama dengan Street View

Hasil gambar untuk Look Around ios 13

Apple memiliki aplikasi petanya sendiri, meskipun masih kurang unggul dari pesaing terberatnya yaitu Google Maps.

Pada iOS 13 ini, kini aplikasi peta milik Apple memiliki fitur Look Around. Dengan fitur ini, kita bisa melihat kondisi lokasi tertentu secara 360 derajat dengan detail yang menakjubkan.

Jika kalian susah untuk membayangkannya, lihatlah Street View milik Google. Sangat mirip, hanya saja Google telah memiliki fitur tersebut sejak tahun 2007 atau 12 tahun yang lalu.

Baca juga  Awas, Ada 2.040 Aplikasi Berbahaya Di Google Play Store

5. Quick Flow Sama dengan Swipe Gesture

fitur-baru-ios13-5
Sumber : Fossbytes

Di antara semua fitur-fitur iOS 13 yang mirip dengan Android, mungkin fitur inilah yang paling membuat pengguna Android tertawa.

Quick Flow ini merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk mengetik hanya dengan menggerakkan jari-jari kita dari huruf ke huruf.

Samsung sudah melakukannya bertahun-tahun lalu yang sering dikenal sebagai fitur Swipe Gesture.

Banyak yang sering mengejek ketika Apple dengan bangga memperkenalkan fitur baru mereka yang sebenarnya bisa dibilang ketinggalan zaman.

Contohnya adalah ketika Apple memperkenalkan iPhone dengan fitur dual-sim. Banyak yang mengejek dan menertawakan Apple karena sudah banyak handphone yang juga memiliki fitur tersebut.

Walaupun begitu, tentu kita tidak boleh menutup mata apabila Apple mengeluarkan inovasi yang pada akhirnya banyak ditiru oleh produsen lain. Contohnya seperti Notch.

Baca Juga : Sisi Gelap Perusahaan Apple, Karyawannya Sampai Bunuh Diri!

(Visited 20 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.