Mon. Jul 6th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teknologi Canggih untuk Bidang Pendidikan, Seharian Betah di Sekolah!

3 min read
Sharing is Caring

Apakah kalian sering merasakan bosan ketika belajar di sekolah?

Rasa bosan tidak bisa dipungkiri lagi kalau kalian terus-terusan belajar di sekolah dengan cara membaca buku pelajaran atau mengerjakan soal.

Jika hal ini terus terjadi, kalian tidak akan belajar dengan benar dan sekolah menjadi sia-sia. Namun, ada solusi untuk membuat belajar akan jadi semakin efektif dan menarik.

Yaitu dengan menggunakan teknologi canggih yang bisa mengajak siswa untuk berinteraksi secara langsung.

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh semua orang untuk mendapat pengetahuan, keterampilan, hingga pelatihan.

Menjalani pendidikan sejak dini sangat dibutuhkan agar kita tumbuh dengan baik dan akhirnya bisa menemukan jati diri dalam bidang pekerjaannya.

Salah satu proses pendidikan adalah sekolah untuk anak. Tentu kalian pernah mengalami masa-masa sekolah SD, SMP, atau SMA.

Namun, masalah yang selalu sering dialami oleh anak ketika di sekolah adalah rasa bosan. Wajar saja, siswa ditugaskan untuk membaca dan mengerjakan soal setiap hari yang terasa monoton.

Tanpa adanya interaksi dengan sesama siswa ataupun teknologi, belajar kelihatannya akan dikenal membosankan.

Baca juga  8 Benda Super Kreatif Yang Sangat Bermanfaat, Seandainya Diproduksi Besar-besaran

Untuk mengatasi hal itu, ternyata sudah ada teknologi yang disiapkan untuk mendorong interaksi di sekolah agar belajar menjadi semakin menyenangkan.

Berikut Teknologi yang bisa mendorong kita untuk semangat Belajar.

1. Smart Board

Hasil gambar untuk Smartboard school

Teknologi yang pertama adalah smart board atau papan pintar, berbeda dengan papan tulis biasanya yang menggunakan kapur atau spidol untuk menulis.

Smart board ini menggunakan layar touchscreen yang dapat memberikan macam macam fitur seperti halnya smartphone dalam bidang pendidikan.

Guru dan murid dapat dengan mudah menunjukkan hasil penelitian dan pembahasan melalui smart board ini dengan mudah.

Salah satu produsen smart board adalah Hitachi StarBoard. Layar yang diberikan untuk smart board biasanya berukuran 70 hingga 100 inci.

Adanya smart board ini tentunya bisa membantu bagi siswa untuk belajar dan berlatih dengan lebih efektif. 

2. 3D Printer

Hasil gambar untuk Printer 3d

Selanjutnya adalah 3D printer yang digunakan untuk mencetak barang secara 3 dimensi menggunakan mesin khusus.

Menggunakan 3D printer ini membutuhkan bantuan komputer untuk membuat bentuk yang ingin dicetak dengan format 3 dimensi.

Baca juga  Ponsel Nokia Jadul Akan Hadir Dengan Os Android

Teknologi ini mampu memudahkan siswa untuk membuat kreasinya sendiri. Hal ini mampu meningkatkan kreatifitas dan pengetahuan akan desain produk.

Selain 3D printer, ada juga 3D pen yang dapat membentuk sebuah benda secara 3 dimensi. Layaknya menggambar, siswa dapat menggambar, tapi dengan hasil 3 dimensi.

3. Virtual Reality

Hasil gambar untuk virtual reality school

Virtual reality atau VR merupakan sebuah simulasi visual dan video secara 3 dimensi.

Penggunanya harus menggunakan kacamata VR khusus serta headphone untuk menikmati dunia VR. Teknologi ini sudah banyak digunakan di berbagai sekolah.

Fungsinya untuk memberikan pembelajaran secara interaktif dan nyata untuk siswa. Contohnya dalam mempelajari alam semesta.

VR masih terus berkembang dan untuk mencapai fungsi yang lebih luas. Sampai saat ini, VR masih bisa digunakan dalam berbagai keperluan edukasi pada perkualiahan hingga penelitian.

Walau begitu, VR juga dapat digunakan menjadi kegiatan yang menyenangkan seperti bermain game khusus VR.

4. Education Projector

Hasil gambar untuk Education Projector

Kalau teknologi yang satu ini adalah alternatif lain jika smart board kurang efektif di kelas. Education Projector adalah sebuah proyektor khusus untuk edukasi.

Salah satu contoh produknya adalah Interactive Classroom Projector buatan dari Benq. Proyektor ini bisa memproyeksikan bahan belajar dari komputer dengan kualitas terbaik.

Baca juga  Ini 4 Smartphone Top Trending Di Bulan July 2019, Nomor 1 Murah Banget !

Selain itu, Education Projector juga dapat digunakan untuk berinteraksi layaknya papan tulis biasa. Siswa dan guru dapat menulis di layar proyeksi dengan pensil khusus atau menggunakan tangan.

5. Smart Table

Hasil gambar untuk Smart Table school

Sudah pernah menonton film superhero seperti Avengers?

Tentu sudah tidak asing lagi dengan layar pada sebuah meja besar. Ternyata teknologi smart table ada di dunia nyata dan digunakan untuk pendidikan ataupun bisnis.

Sama fungsinya seperti smart board yang akan menampilkan berbagai multimedia serta memiliki fitur layar sentuh.

Meja pintar ini bisa jadi teknologi yang cukup futuristik yang bisa membantu pembelajaran di sekolah.

Itu dia teknologi yang bisa digunakan untuk pendidikan sekolah dan meningkatkan efektivitas belajar dan membuat interaksi siswa jadi lebih baik.

Semoga teknologi ini juga bisa digunakan di Indonesia, agar banyak siswa bertalenta bisa mengembangkan kemampuannya, dan mengelurakan potensinya dengan lebih maksimal.

Baca Juga : Teknologi Canggih ini Terinspirasi dari Anime

(Visited 20 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.