Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Perusahaan ini Menyediakan Koneksi LiFi Internet Berbasis Cahaya

2 min read
Sharing is Caring

Teknologi Light Fidelity atau LiFi memang masih belum banyak digunakan. Tetapi untuk kali pertamanya, perusahaan yang berasal dari Prancis ini, Air France menyediakan jaringan internet berbasis cahaya (LiFi) di dalam pesawat.

LiFi pada pesawat Air France akan disediakan oleh perusahaan LiFi asal Prancis yakni Oledcomm. Menurut pihak Oledcomm, jaringan internet berbasis cahaya ini akan tersedia pada pesawat penumpang milik Air France yang berukuran sedang.

Pihak Oledcomm memberi janji, kecepatan dari internet yang tersedia ini nantinya akan mencapai 100 Mbps untuk setiap penumpang. Artinya, dengan teknologi LiFiMAX ini penumpang seharusnya dapat memutar video 4K, AR serta mengakses internet tanpa ada kendala.

Baca juga  5 Alasan Untuk Tidak Membeli iPhone 11

Jika yang dikatakan Oledcomm benar adanya, jaringan berbasis cahaya ini dapat menjadi alternatif pengganti WiFi di pesawat. Karena sampai detik ini jaringan WiFi paling cepat untuk penerbangan hanya 15 Mbps.

Perwakilan Oledcomm mengatakan bahwa LiFiMAX akan tersedia pada penerbangan Air France setidaknya akhir tahun 2019 ini.

Jaringan berbasis cahaya ini berbeda dengan jaringan WiFi, teknologi ini memanfaatkan pancaran cahaya sebagai media untuk memberi jaringan internet. Alhasil, LiFi memiliki koneksi yang lebih cepat ketimbang WiFi namun dengan jangkauan yang lebih rendah karena cahaya tak dapat menembus tembok.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Kamis (13/6/2019), LiFiMax milik Oledcomm sendiri hanya memiliki jangkauan maksimum seluas 92 kaki atau sekitar 28 meter.

Baca juga  Teknologi ini Bisa Menyelamatkan Manusia dari Kiamat?

Meski menawarkan kecepatan rata-rata dari 40 Mbps hingga 100 Mbps, harga yang dibebankan jauh lebih mahal ketimbang WiFi.

Kendati potensial, LiFi memiliki kelemahan dibandingkan WiFi konvensional. Meski diterapkan melalui semacam base station yang ditempel di langit-langit ruangan, LiFi membutuhkan direct line of sight alias “pandangan” langsung ke perangkat tujuan yang dilengkapi receiver khusus.

Penerapan teknologi berbasis cahaya ini layaknya sebuah koneksi infrared pada perangkat remote TV atau seperti gadget yang memiliki versi lawas. Kemudian, sebuah perangkat yang sudah terhubung pun harus bersifat statis dengan kata lain tidak bisa bergerak dengan leluasa.

Baca juga : Aksesoris Gadget Termahal di Dunia

(Visited 18 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.