Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Anime ini memiliki unsur Indonesia di Dalamnya!

2 min read
Sharing is Caring

Sebagai sumber bahan inspirasi, biasanya pembuat film ataupun penulis novel akan mencari referensi dari berbagai dunia, entah itu langsung pergi ke lokasi atau hanya sekedar browsing di internet.

Terkadang, referensi yang mereka dapatkan ada yang berasal dari Indonesia. Bahkan, anime yang berasal dari Jepang pun cukup sering menjadikan Indonesia sebagai referensi mereka.

Unsur Indonesia yang kami maksud di sini bisa dalam berbagai hal. Bisa bahasa yang digunakan, tradisi, pakaian yang digunakan, desain gambar yang terinspirasi dari Indonesia, bahkan menampilkan kota-kota di Indonesia.

Berikut Anime yang memiliki Unsur Indonesia di dalamnya.

1. Dragon Ball

Gambar terkait

Yang pertama ada anime legendaris Dragon Ball. Coba kalian ingat-ingat ketika karakter utama Son Goku masih kecil dan ketika saat mengikuti ajang Budokai Tenkaichi.

Baca juga  5 Karakter Anime yang Paling Gak Guna

Jika diperhatikan dengan teliti, Papaya Island yang menjadi lokasi acara sangat mirip dengan Bali. Lihat saja pura yang yang ada di arena, sangat mirip dengan yang ada di pulau Dewata tersebut.

Selain itu, kita juga bisa menemukan beberapa istilah dalam bahasa Indonesia, seperti papan reklame bertuliskan Singaraja.

2. Naruto

Hasil gambar untuk Naruto juubi raflesia

Siapa yang tidak tau dengan anime satu ini, Anime favorit sejuta umat ini, Naruto, juga memiliki beberapa unsur Indonesia didalamnya. Salah satu yang paling mudah untuk diingat adalah bentuk belum sempurna Juubi yang menyerupai bunga Raflesia Arnoldi.

Selain itu, pada film The Last: Naruto the Movie, kita bisa melihat Sakura sedang memegang sebuah stupa yang sangat mirip dengan stupa yang ada di Candi Borobudur.

Baca juga  Inikah 7 Asal Kehidupan di Bumi?

3. One Piece

Hasil gambar untuk One piece god enel

Anime bajak laut yang memiliki episode terbanyak dan masih belum jelas kapan tamatnya, One Piece, tidak mau kalah dengan menampilkan unsur-unsur Indonesia ke dalam animenya.

Contohnya adalah God Enel yang menggunakan celana yang mirip dengan motif batik. Selain itu, telinganya yang memanjang ke bawah juga mirip dengan ciri khas suku Dayak dari Kalimantan.

Ada juga pulau Jaya yang diyakini terinspirasi dari Irian Jaya, nama lama pulau Papua.

4. Detective Conan

Hasil gambar untuk Detective conan barong

Disini ada yang suka dengan Anime Detective Conan? Anime tentang detektif ini juga pernah menampilkan secara singkat budaya Indonesia.

Kalau tidak percaya, coba kalian tonton di episode 184. Pada episode yang menceritakan hantu topeng-topeng terkutuk tersebut, sempat terlihat adanya penampakan topeng barong.

Baca juga  The Power of Makeup! Kumpulan Wanita Cantik karena Makeup Padahal Aslinya Biasa

5. Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai

anime-unsur-indonesia-7

Selanjutnya ada anime Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai. Anime ini bercerita tentang anak SMA yang menderita sindrom chuunibyou  alias sindrom kelas dua SMP sehingga ia merasa memiliki kekuatan super.

Anime Ber-genre comedy romance ini, memiliki karakter utama bernama Yuuta Togashi yang memiliki orang tua yang bekerja di Jakarta. Beberapa kali ditunjukkan cuplikan tentang keadaan Jakarta, termasuk kemacetannya.

Akibatnya, Yuuta harus hidup satu atap bersama pacarnya, yaitu Rikka Takanashi, yang juga hidup sendirian.

Itulah beberapa anime yang memiliki unsur indonesia didalamnya. Jika kalian punya contoh Anime lain kalian tuliskan di kolom komentar dibawah ya!

Baca Juga : Transformasi Karakter Anime Paling Epic, Sampai Bisa jadi Dewa!

(Visited 20 times, 1 visits today)