Tue. Aug 11th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teknologi Canggih ini Terinspirasi dari Anime

3 min read
Sharing is Caring

Kalian seorang pencinta anime? Kalau iya, pasti sudah tahu, banyak anime yang menggunakan teknologi canggih.

Sebagai contoh seperti robot untuk perang atau manusia AI. Banyak sekali kisah yang mengangkat tema teknologi dan masa depan.

Tahukah kamu bahwa ada teknologi yang dibuat serupa dan memiliki fungsi mirip dengan anime?

Tidak semua teknologi yang ada dalam daftar ini murni terinspirasi dari anime, tapi teknologi berikut terlihat mirip baik secara fisik maupun fungsionalnya.

Tak hanya itu, teknologi yang dibuat banyak yang belum secanggih seperti yang ada di anime, tapi setidaknya teknologi ini sudah dibuat mirip dan terus dikembangkan.

Berikut Teknologi canggih yang terinspirasi dari Anime

Vitual Reality

Hasil gambar untuk virtual reality

Virtual Reality atau VR yang ada dalam anime Sword Art Online. Pada anime tersebut dikisahkan permainan yang menggunakan alat VR.

Teknologi VR ini sudah ada sejak tahun 1990-an dengan munculnya SEGA VR.

Baca juga  4 Tips Mengisi Baterai Ponsel agar Tahan Lama

Dirilis jauh sebelum masanya, membuatnya jadi kurang laku di pasaran. Padahal, awal kemunculan VR oleh SEGA sudah cukup canggih.

Lalu pada tahun 2010, muncul lah Oculus Rift yang merupakan sebuah peralatan VR yang memiliki fitur canggih. Teknologi ini telah merambah hingga ke dunia video dan pengembangan teknologi peta.

Saat ini, VR masih terus berkembang dan menjadi semakin canggih dengan peralatan fullset seperti pada Sandbox VR yang ada di Jakarta.

Robot Besar

Hasil gambar untuk Robot besar
Sumber : YouTube

Tentu kalau dengar kata robot besar, maka yang ada dalam pikiranmu pasti Gundam. Robot besar ini ternyata sudah ada di dunia nyata.

Walaupun tidak sesempurna seperti yang ada di anime, tapi sudah ada robot yang mempunyai kemiripan yang serupa, yaitu LW-Mononofu. Robot ini dibuat di Jepang dengan ukuran yang sangat besar.

Walau tidak digunakan sebagai alat untuk berperang, tapi LW-Mononofu dapat melakukan pergerakan dengan seluruh tangan dan kakinya.

Baca juga  5 Rekomendasi Anime Fall 2019 yang akan Mendatang

Robot Android

Hasil gambar untuk Robot Erica

Robot Android satu ini ada dalam anime ternama seperti Battle Angel Alita, Chobits, dan Ghost in the Shell.

Robot dalam anime yang dapat melakukan banyak hal seperti layaknya manusia, termasuk berperang. Dalam dunia nyata, ternyata juga ada robot Android.

Salah satu contohnya adalah Erica, Robot cantik asal Jepang yang dapat berbincang dengan manusia. Namun, masih belum bisa bergerak secara leluasa seperti halnya dalam anime.

Tapi hal ini merupakan awal bagi robot masa depan yang dapat menjadi teman manusia.

Peliharaan Robot

Hasil gambar untuk Pet robot

Selanjutnya adalah peliharaan atau hewan yang memiliki bentuk seperti robot, seperti anime Zoid. Mungkin dalam anime, robot seperti ini dapat berperang dan sebagainya.

Ternyata ada juga robot dengan rupa binatang yang digunakan sebagai media untuk menyelamatkan korban dalam bencana atau sebagai inovasi robotik.

Contohnya adalah robot binatang yang diciptakan oleh Boston Dinamics, robot semacam ini dapat berjalan, lari, hingga melompat seperti seekor anjing.

Baca juga  7 Karakter Anime yang Bersifat Culun dan menjadi Kuat

Ada juga robot dari perusahaan Sony yang dinamakan Aibo Robot. Robot ini dibuat untuk menggantikan anjing sungguhan.

Lengan Bionic

Hasil gambar untuk bionic hand

Kalian pernah menyaksikan anime Fullmetal Alchemist? Jika pernah, tentu sudah tidak asing lagi dengan lengan bionic milik Edward bukan?

Di dunia nyata ternyata ada satu universitas bernama OHSU yang dapat membuat lengan bionic untuk pasien.

Teknologi yang dimiliki sudah sangat canggih dan dapat digunakan oleh pasien. Hal ini menjadi jalan pintas bagi dunia kedokteran untuk menangani masalah cacat pada tungkai dan lengan.

Itu dia teknologi canggih yang terinspirasi dari Anime, Mungkin masih belum secanggih seperti yang ada di Anime, Mungkin di masa depan akan bisa lebih canggih melebihi yang ada di Anime.

Baca Juga : Gadis Asal Ukraina ini Disebut sebagai Gadis Anime!

(Visited 77 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.