Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Terbongkar! Alasan Xiaomi Sering jadi Produsen HP Ghaib

4 min read
Sharing is Caring

Xiaomi merupakan salah satu merek HP yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Kualitas barang yang baik dengan harga yang bersaing membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Sayangnya HP Xiaomi sering sekali kehabisan barang di pasaran dalam waktu singkat.

Sehingga Xiaomi seirng disebut dengan HP gaib, dirilis tapi susah dicari pasaran. Lalu, apa yang menyebabkan Xiaomi disebut dengan produsen HP gaib?

Xiaomi adalah perusahaan yang berasal dari Tiongkok dan bergerak dalam bidang elektronik, termasuk juga produsen smartphone dengan harga terjangkau.

Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 2010, dan terus berkembang sampai saat ini dan menjadi merek elektronik favorit bagi berbagai negara di kawasan Asia.

Xiaomi sangat terkenal akan produk smartphonenya yang memiliki kualitas produk mewah dengan harga yang terjangkau.

Dikutip dari IDC, Xiaomi menjadi salah satu merek HP dengan jumlah penjualan dan pangsa pasar terbesar di dunia.

Xiaomi Sering Jadi Produsen HP Gaib 1

Posisinya berada di bawah Apple dan menang diatas vivo dengan penjualan hingga 25 juta total unit HP. Sama halnya dengan pangsa pasar yang dimiliki, berada di angka 8% pada tiga bulan pertama di tahun 2019.

Sudah terbayang kan?, seberapa besar HP Xiaomi laku keras di pasaran. Lalu, bagaimana bisa salah satu produsen HP terlaku di dunia ini sering kehabisan barang di pasar Indonesia?

Simak Penjelasan Berikut ini :

Menggunakan ODM

Original Design Manufacturer atau ODM merupakan sebuah perusahaan yang merancang serta memproduksi produk, lalu diberikan merek lain oleh yang membayar mereka.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 6 dengan OS Android 10

Dari berbagai merek HP seperti Lenovo, LG, Huawei, dan lainnya, Xiaomi adalah salah satu perusahaan yang bergantung pada ODM.

Begitu juga dengan Xiaomi di Indonesia yang bekersa sama dengan PT Sat Nusapersada di Batam yang bertanggung jawab atas produksi HP merek Xiaomi.

Penggunaan ODM oleh Xiaomi ini dinilai dapat meringankan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, tapi dapat berpengaruh terhadap produksi itu sendiri.

Berbeda dengan Samsung, Xiaomi memiliki kendala yang cukup pesar akan produksi HP di Indonesia. Pasalnya, tingkat kecepatan produksi tidak mudah untuk didorong oleh pihak Xiaomi.

Dikutip dari GizmoChina, Xiaomi memiliki tingkat produksi desain HP oleh perusahaan ODM sebanyak 75%.

Xiaomi Sering Jadi Produsen HP Gaib 2

Berdasarkan data dari GizmoChina, Xiaomi bekerjasama dengan 3 perusahaan ODM yaitu Wingtech, Longcheer, dan Huaqin. Menjadikannya sebagai salah satu perusahaan dengan tingkat ketergantungan akan ODM yang besar.

Ketergantungan Xiaomi terhadap perusahaan ODM juga berpengaruh terhadap hasil produksinya yang tidak seberapa banyak, namun permintaan atau demand dari pembeli sangat tinggi.

Banyaknya peminat dan kurangnya jumlah stok HP yang diproduksi tak hanya memengaruhi HP menjadi gaib atau susah dicari.

Namun, berpengaruh juga terhadap harga yang ditawarkan oleh para penjual HP di toko-toko distributor.

Memanfaatkan permintaan yang tinggi, para penjual menaikkan harga Redmi Note 7 misalnya yang saat itu sangat susah untuk dicari.

Tentu saja dengan garansi toko ataupun distributor. Hal ini semakin menambah kesan gaib bagi HP Xiaomi di Indonesia.

Hal ini tentu saja bisa diatasi jika tingkat produksi didorong lagi oleh pihak ODM yang menjadi partner Xiaomi.

Baca juga  Resmi Meitu CC9 Untuk Vloggers, Tampil Cantik Dengan Spek Gahar

Strategi Hunger Marketing

Selain produksi yang ditangani oleh ODM, nampaknya Xiaomi menggunakan strategi marketing tertentu untuk beberapa kasus penjualan HP terbarunya di Indonesia.

Menurut Herry S.W., pakar teknologi Indonesia, ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya istilah ‘ponsel gaib’, yaitu strategi Hunger Marketing.

Salah satu contohnya adalah penjualan Redmi Note 7 yang sempat dijual dengan harga yang menggiurkan dalam waktu yang terbatas di salah satu e-commerce Indonesia.

Hal ini mampu membuat calon pembeli menjadi penasaran dan permintaan menjadi tinggi dan berpengaruh terhadap harga produk.

Namun, khusus untuk kasus Redmi Note 7 nampaknya ada berbagai kecurangan yang dilakukan oleh pihak lain saat diadakan flash sale.

Kalau kita lihat dengan apa yang terjadi di pasar belakangan ini, yang ikutan (flash sale) itu tidak murni _end user_. Tapi ada pemain lain yang bertindak sebagai pebisnis atau tengkulak - Herry S.W.

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya penjual Redmi Note 7 yang beredar setelah flash sale. Bagaimana menurut kamu?

Tingginya Permintaan Pasar

Selanjutnya adalah tingginya tingkat permintaan pasar pada produk milik Xiaomi. Hal ini disebutkan oleh Steven Shi, Country Manager Xiaomi pada 2018 lalu.

Saya berpikir fenomena ini (produk cepat habis) menunjukkan permintaan yang tinggi - Steven Shi

Hal ini juga bisa dikaitkan dengan kasus pemborong yang membeli produk saat peluncurannya, lalu dijual kembali ke pasar dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga  Samsung Galaxy A70, Ponsel Memuaskan Para Pemain Gim

Karena itu dipercaya menjadikan berbagai produk Xiaomi banyak yang kehabisan stok di toko-toko resmi sehingga menjadi HP gaib.

Contoh Kasus

Jaka ambil contoh pada kasus Redmi Note 7 yang baru-baru ini dirilis oleh Xiaomi di Indonesia. Sejak diperkenalkan, HP ini memiliki peminat yang sangat banyak.

Benar saja, saat dijual secara online oleh salah e-commerce di Indonesia, model ini langsung habis dalam waktu yang sangat cepat.

Dikutip dari Kompas.com, Xiaomi menyediakan 1 juta unit Redmi Note 7 ke pasaran. Namun, setelah dirilis, tetap saja HP ini gaib karena susah dicari.

Hal ini terjadi di Indonesia, seperti yang dijelaskan oleh channel YouTube GadgetIn pada salah satu videonya.

Produk Redmi Note 7 di pasaran dengan harga resmi Rp1,9 juta tidak tersedia saat itu. Bahkan, di berbagai toko resmi Xiaomi pun kehabisan stok.

Hal ini juga pernah terjadi pada kasus Redmi Note 5 yang sangat ramai diperbincangkan. Bayangkan saja, pada 2018, jumlah penjualan HP Xiaomi melonjak sebesar lebih dari 1000%.

Xiaomi Sering Jadi Produsen HP Gaib 3

Stok HP Xiaomi yang menjadi langka alias gaib, tidak terjadi sekali saja. Masih penelitian lebih jauh dan mendalam mengenai fenomena ini, meskipun ada 3 statement atau teori yang berbeda untuk membahas kelangkaan HP Xiaomi ini.

Itulah alasan mengapa Xiaomi sering disebut HP Ghaib yang susah dicari dipasaran Indonesia.

Baca Juga : Hal Buruk yang Pernah Menimpa Perusahaan Xiaomi

(Visited 33 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.