Thu. Jul 16th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teknologi Canggih ini Dapat Membuat Manusia Hidup Abadi

3 min read
Sharing is Caring

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi akan semakin canggih, ilmu pengetahuan juga menjadi semakin maju dengan pesat. Zaman sekarang ini, hampir semua jenis penyakit sudah ditemukan obatnya oleh para ilmuwan.

Namun, Pada 150 tahun yang lalu, usia rata-rata manusia yang hidup di dunia hanyalah sampai 40 tahun. Bandingkan dengan rata-rata usia orang Indonesia masa kini yang mencapai 70 tahun.

Hal ini tidak lepas dari banyaknya penyakit yang belum ditemukan obatnya serta sanitasi yang buruk. Teknologi serta ilmu pengetahuan yang masih terbatas juga menjadi salah satu penyebab rendahnya harapan hidup manusia pada zaman itu.

Padahal, penyakit-penyakit zaman dahulu yang menyebabkan kematian, kini mudah diobati dan hanya masalah sepele. Penyakit seperti cacar, flu, & muntaber dulu dianggap sebagai penyakit yang dapat merenggut banyak nyawa.

Pengobatan modern yang terus berkembang seiring dengan teknologi bisa dikatakan mampu memperpanjang rata-rata usia manusia hingga 2 kali lipat hanya dalam kurun waktu 1 abad.

Teknologi masa kini seperti vaksin, sterilisasi, dan antibiotik memainkan peranan penting dalam usaha memperpanjang hidup manusia dan membasmi penyakit mematikan.

Berdasarkan laporan PBB pada tahun 2012, jumlah orang di dunia yang berusia lebih dari 100 tahun telah mencapai 316.600 orang. Jumlah ini diharapkan bertambah menjadi 3 juta orang di tahun 2050.

Baca juga  Lenovo Z6 Youth, lebih murah dari Realme 3 Pro

Beberapa orang terkaya dunia bahkan menyumbang ratusan jutaan Dollar kepada lembaga riset dan teknologi dalam upaya memperpanjang usia manusia. Seperti Larry Ellison (CEO Oracle), Peter Thiel (Co-Founder PayPal), dan Sergey Brin (Co-Founder Google).

Berikut Teknologi yang dapat Memperpanjang Umur Manusia.

1. Terapi Gen

Hasil gambar untuk Terapi Gen

Terapi Gen merupakan teknik medis yang berfungsi untuk memperbaiki gen-gen mutan (gen yang abnormal atau cacat) yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Penggunaan terapi gen ini dilakukan dengan cara memasukan gen normal yang spesifik ke dalam sel yang memiliki gen mutan. Gen normal tersebut akan memperbaiki dan menormalkan gen mutan tersebut lalu menyembuhkan penyakit.

Teknologi pengobatan ini sudah terbukti berhasil mengobati penyakit yang diakibatkan oleh mutasi gen seperti kanker.

Meskipun begitu, pengobatan ini sangat mahal karena tingkat kesulitan yang tinggi serta membutuhkan peralatan yang mahal. Belum banyak juga ahli yang mampu melakukan teknik ini.

Sehat memang mahal. Namun, sudah kewajiban kita untuk menjaga kesehatan sejak muda agar tidak mudah terkena penyakit.

2. Teknologi Rejuvenasi

Gambar terkait

Rejuvenasi atau Rejuvenation jika diartikan dalam bahasa Inggris, merupakan suatu usaha untuk membalikkan proses penuaan pada manusia. Saat ini para ilmuwan sedang melakukan penelitian lebih lanjut mengenai proses rejuvenasi ini.

Baca juga  8 Makanan Berbahaya yang Bisa Bikin Ompong Lebih Dini

Teknik ini dapat membuat manusia merasa seperti kembali muda . Tidak hanya secara tampilan, tapi juga dari dalam. Rejuvenasi diharapkan mampu menangkal penyakit yang diakibatkan oleh penuaan.

Ilmuwan saat ini sedang mempelajari bagaimana cara untuk membuang racun yang ada pada dalam tubuh manusia. Mereka percaya bahwa racun-racun tersebut merupakan salah satu penyebab masalah penuaan.

3. Organ Tubuh Buatan

Hasil gambar untuk Organ tubuh buatan

Organ Tubuh Buatan merupakan inovasi teknologi medis di mana manusia dapat menggantikan bagian tubuh atau organnya yang rusak dengan organ buatan.

Kalau selama ini kita membutuhkan donor untuk mengganti organ tubuh yang rusak, inovasi ini memungkinkan kita untuk mengganti bagian tubuh kita dengan robot.

Saat ini banyak penyandang difabel yang sudah memakai kaki atau tangan robot. Bahkan ilmuwan di bidang kedokteran saat ini sudah mampu mencetak organ dan jaringan dengan menggunakan printer 3D.

4. Perkembangan Teknologi Diagnosa

Inovasi Teknologi yang Mampu Membuat Manusia Hidup Abadi 5

Dengan teknologi yang semakin canggih, tentu diagnosa yang dilakukan oleh dokter akan lebih cepat dan akurat.

Bahkan, ilmuwan kini sudah mengembangkan suatu sensor kecil yang dapat mendeteksi apabila si pemakai akan mengalami serangan jantung.

Baca juga  Kecerdasan Buatan Kini Dapat Memprediksi Kematian Manusia

Sensor ini pastinya membuat sang pemakai menjadi lebih waspada ketika sedang melakukan aktifitas. Sebelum terkena serangan jantung, ia dapat langsung pergi ke dokter tanpa kendala.

Selain itu perkembangan teknologi diagnosa kini sudah dilengkapi dengan Artificial Technology yang dapat memberikan bantuan kepada dokter untuk mendeteksi penyakit dan memberikan obat yang cocok bagi pasien.

5. Transfusi Darah Regeneratif

Hasil gambar untuk blood transfusion

Transfusi darah regeneratif tidak seperti transfusi atau donor darah biasa. Dalam proses ini, pasien akan ditransfusikan darah yang telah direkayasa secara genetika oleh peneliti.

Para peneliti sedang meneliti sebuah kandungan protein bernama GDF11 yang diyakini mampu memperpanjang rata-rata usia manusia hingga mencapai 20 tahun.

Protein ini telah dibuktikan dapat memperkuat otot serta ketahanan jantung pada tikus percobaan. Apabila protein ini dapat direplikasi dan digabungkan dengan darah yang telah disintesis, maka teknologi ini akan menjadi pilihan medis dalam waktu dekat.

Itulah beberapa teknologi yang dapat membuat manusia hidup abadi.

Baca Juga : Teknologi ini Bisa Menyebabkan Kiamat!

(Visited 29 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.