Wed. Jul 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Situs dan Aplikasi Populer yang Diblokir Dinegara China

3 min read
Sharing is Caring

Negara pimpinan Xin Jinping ini memang dikenal dengan sistem sensor internetnya yang sangat ketat sehingga hal apapun merugikan negara akan diblokir.

Dengan alasan untuk melindungi warganya dari pengaruh luar dan informasi berbahaya, China sampai saat ini sudah memblokir 8000 total situs.

Pemblokiran tersebut dilakukan dengan menggunakan sistem penyaringannya yang terkenal yang disebut The Great Firewall.

Berikut Situs Populer yang diblokir di negara China.

1. Facebook

Hasil gambar untuk Facebook

Beruntunglah bagi kalian yang masih bisa menikmati layanan media sosial yang satu ini. Soalnya dinegara China ini media sosial Facebook sudah diblokir sejak bulan Juli 2009 lalu.

Situs Facebook diblokir setelah platform media sosial ini digunakan sebagai alat komunikasi oleh para pengunjuk rasa ketika terjadi kerusuhan di ujung barat China.

Akibat pemblokiran situs Facebook, media sosial asli China, Weibo, menjadi pilihan alternatif yang digunakan oleh masyarakat di negara ini.

Baca juga  Sadis! Vivo Meriliskan HP Seri Terbarunya Dengan Spek Dewa

2. Google

Hasil gambar untuk Google

Meskipun memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, ternyata situs mesin pencarian seperti Google pun tidak luput dari target pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah China pada tahun 2010 lalu.

Google diblokir di China setelah terjadi perselisihan antara keduanya mengenai sensor kueri pencarian yang dianggap tidak ramah terhadap aturan sensor Tiongkok.

Pada tahun 2018 lalu, Google sempat diberitakan sedang mengembangkan mesin pencari dengan sensor khusus yang diberi nama Dragonfly.

Dragonfly ini juga dilengkapi dengan database bawaan tentang daftar hitam pencarian-pencarian yang tentunya dilarang pemerintah China.

Sayangnya, project ini dibatalkan pada bulan Desember lalu setelah menghadapi kemarahan dari para karyawan Google dan kelompok hak asasi manusia.

Hal itu dikarenakan Google dianggap terlalu tunduk pada kemauan pemerintah China dan secara nggak langsung mendukung absennya kebebasan informasi.

3. Instagram

Hasil gambar untuk instagram

Media sosial yang banyak digunakan oleh para Milenial ini ternyata sudah diblokir di China sejak September 2014 lalu.

Baca juga  Popularitas CEO Facebook Mark Zuckerberg Menurun, Keluar Dari Daftar 20 Top CEO's 2019

Instagram diblokir oleh pemerintah China setelah mendapat protes dari kelompok pro-demokrasi di Hong Kong mencuat tahun itu.

Instagram menjadi platform yang digunakan untuk mempopulerkan gerakan protes tersebut melalui hashtag #OccupyCentral.

Tindakan ini dianggap telah merugikan China dan semenjak saat itu Instagram tak bisa lagi digunakan di China.

4. YouTube

Hasil gambar untuk YouTube

Ketatnya sistem sensor pengawasan internet membuat platform pelayanan video terbesar seperti YouTube telah dilarang penggunaannya di China sejak tahun 2009 lalu.

YouTube diyakini memuat banyak konten berbahaya untuk persatuan dan kedaulatan Negeri China.

Situs ini diblokir setelah menampilkan kerusuhan di Tibet. Saat itu, Tibet yang masuk ke dalam wilayah kedaulatan China memprotes kebijakan pemerintah terkait hak asasi manusia.

Sebagai gantinya, China memiliki situs serupa bernama Youku untuk warganya menikmati layanan untuk menonton video.

5. WhatsApp

Hasil gambar untuk WhatsApp

Di tengah kepopuleran yang berhasil dicapai di banyak negara, rupanya layanan chatting WhatsApp justru diblokir di negara dengan julukan Tirai Bambu ini.

Baca juga  Samsung Banting Harga,Ram 6 GB Layar Super Amoled Cuma Dibanderol Segini?

Pemblokiran WhatsApp di China terjadi menjelang persiapan Beijing menyambut kongres Partai Komunis yang diselenggarakan pada 18 Oktober 2017 lalu.

China menganggap bahwa layanan perpesanan ini seharusnya bertindak untuk menghentikan penyebaran informasi ilegal yang terjadi di negara tersebut.

Dengan begitu, WhatsApp menjadi produk terakhir dari perusahaan milik Mark Zuckerberg yang akhirnya ikut diblokir oleh China setelah sebelumnya menimpa Facebook.

Itulah 5 situs populer yang aksesnya telah diblokir di China.

Ketatnya sensor internet yang digunakan oleh pemerintah China membuat negara ini seolah-olah tertutup dengan dunia luar.

Meskipun begitu, tapi China tidak lantas menjadi negara yang mundur dalam hal perkembangan teknologi.

Baca Juga : Hebat! 4 Teknologi Buatan China Ini Benar-benar di Luar Pemikiran Manusia

(Visited 9 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.