Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Aplikasi Pantau Kondisi Arus Mudik Langsung dari Smartphone

2 min read
Sharing is Caring

Kurang dari beberapa hari lagi, semua umat Muslim di seluruh Indonesia bakal merayakan Idul Fitri. Dengan salah satu rutinitas yang seringkali dilakukan masyarakat Indonesia dengan menyambut Idul Fitri adalah mudik lebaran yang artinya pulang ke kampong halaman untuk silahturahmi dan merayakan hari raya bersama keluarga besar.

Berbagai macam cara pun juga dilakukan untuk mendapatkan kesempatan pulang ke kampung halaman, termasuk juga menggunakan kendaraan pribadi. Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, selain dari kendaraan, arus lalu lintas pun juga sangat perlu di perhatian.

Untungnya, dengan adanya teknologi yang semakin berkembang saat ini, pemudik bisa dapat memantau arus lalu lintas yang seang mudik yang langsung dari smartphone. Tidak untuk sekadar peta, tapi juga untuk tampilan langsung yang dari kamera CCTV.

Baca juga  RESMI! Realme 3 Pro Indonesia - Redmi Note 7 Pro KILLER - Spesifkasi dan Harga Resmi

Nah, untuk mengetahui adanya layanan apa saja yang bisa digunakan untuk melihat lalu lintas mudik, berikut ini ada berbagai macam aplikasi yang dapat menemani untuk mudik.

1. LewatMana

Hasil gambar untuk aplikasi lewatMana

LewatMana adalah aplikasi yang menawarkan dengan layanan lalu lintas terbaru. Lalu, pengguna bisa dapat mengetahui kondisi lalu lintas terkini.

Untuk aplikasi ini juga memang baru mencakup di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Kendati demikian, aplikasi ini masih tetap bisa membantumu anda untuk menempuh perjalanan selama mudik lebaran.

2. Jasa Marga Live

Hasil gambar untuk apk jasa marga live

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga berisi informasi jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga. Aplikasi ini juga mempunyai berbagai macam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk untuk informasi lalu lintas.

Baca juga  5 Pertanda Awal Penyakit Jantung, Kenali Sebelum Terlambat!

Mendengar aplikasi ini yang berasal dari Jasa Marga, informasi yang bakal ditampilkan lebih luas dan mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa. Kamu juga bisa mengetahui kondisi terkini dari tol Cikampek sampai Surabaya.

3. RTTMC

Hasil gambar untuk apk RTTMC

Aplikasi ini adalah aplikasi versi mobile dari layanan RTTMC Kementerian Perhubungan. Informasi yang bakal ditampilkan yaitu meliputi kondisi lalu lintas, terutama yang sudah menjadi kewenangan Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Tidak hanya dengan memberikan tampilan streaming CCTV secara langsung, aplikasi juga turut memberikan informasi tentang seputar lalu lintas, informasi jalur, termasuk sejumlah nomor penting.

4. NTMC Mudik

Hasil gambar untuk apk NTMC mudik

Aplikasi yang telah dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri untuk mempermudah para pengguna jalan saat akan melakukan perjalanan mudik. Ada juga beberapa fitur yang telah tersedia, seperti peta dan juga info publik.

Baca juga  Jagoan Foto! Jangan Salah Pilih, Inilah Deretan Ponsel Dengan Kamera Terbaik!

Kamu juga mendapat kesempatan untuk mengakses informasi lalu lintas secara langsung melewati NTMC TV. Tetapi sebelum akan mengaksesnya, kamu harus terlebih dahulu memasang aplikasi terpisah.

5. Maxstream

Hasil gambar untuk apk maxstream

Untuk menyambut mudik tahun ini, Maxstream juga akan turut menyertakan siaran langsung dari CCTV sejumlah jalur mudik. Didalam penayangannya, Telkomsel juga bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Ada kurang lebih 50 titik CCTV yang telah disiarkan sejak 27 Mei hingga 26 Juni 2019. Tayangan yang berbasis live streaming 50 CCTV di jalur mudik ini dapat diakses di saluran Mudik Hepi 2019 di Maxstream.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.