Wed. Nov 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Inilah Legenda Penguasa Laut berasal dari Selat Karimata!

2 min read
Sharing is Caring

Sudah tidak diragukan lagi jika pantai dan laut memiliki keindahan yang mempesona namun dibalik keindahan pantai dan laut tersebut juga menyimpan banyak cerita mitos dan legenda. Beberapa orang menyakini ada beberapa sosok yang menguasai lautan, mereka dipercaya untuk mengendalikan semua hal yang terjadi di lautan tetapi tidak banyak yang tahu kalau penguasa lautan ini ada hampir disetiap negara dengan kisah, legenda dan kepercayaan yang berbeda – beda. Berikut ulasan mengenai legenda penguasa laut tersebut.

Legenda Junjung Buih, Ratu Penguasa Selat Karimata

Tragedi pesawat Air Asia masih menyisahkan duka mendalam bagi tanah air tahun lalu. Mucul dari cerita rakyat setempat tentang ratu penguasa laut tempat jatuhnya Air Asia di selat Karimata. Menurut salah satu tokoh adat di Kalimantan bernama Gusti Kadran konon selat Karimata terkenal angker yang dipimpin oleh ratu penguasa laut itu bernama ratu Junjung Buih dan dia memang hidup ditengah – tengah warga Kalimantan. Junjung Buih disebut sebagai istri pangeran Suryanata yang memberikan keturunan – keturunan yang berkuasa di Kalimantan dan dia adalah putri raja pertama di Kalimantan, buah hasil pertapaanya di Candi Agung dan ditemukan dari tumpukan buih di sungai. Bahkan ilmu yang telah dimiliki oleh ratu Kuripan semuanya diberikan untuk ratu Junjung Buih yang akan bisa membuatnya lebih cerdas dan menjadikan dirinya sebagai panutan rakyat Amuntai karena ratu Kuripan sedang mencari pengasuhnya. Selain itu nama Junjung Buih juga pernah dipakai untuk nama dari sebuah plaza di Banjarmasin pada era tahun 1990 dan kemudian setelah kerusuhan terjadi bangunan tersebut hancur dan namanya diganti menjadi Hotel HarumTerlepas dari benar atau tidaknya cerita ini sebagai manusia kita harus pasrah dan berdoa kepada tuhan agar tetap berada di keselamatanya.

Baca juga  Pejabat Militer Amerika Konfirmasi Keberadaan Alien?

Bagaimana mengerikan bukan? bagi kalian yang tinggal di dekat selat Karimata pasti tahu dong dengan kisah mistis ini. jika masih ada yang kurang kalian bisa menambahkan dikolom komentar dan tetap simak terus artikel dari kami ya.

Baca juga : Hewan Fiksi Angry Birds ini Ternyata ada di Dunia Nyata!

(Visited 128 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.