Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Misteri Lautan Segitiga Bermuda ini Membuat Anda Penasaran!

3 min read
Sharing is Caring

Segitiga bermuda di Samudra Atlantik memang terkenal karena kemisteriusanya tetapi ternyata di beberapa perairan di bumi ini terdapat ada juga lautan yang tidak kalah menyimpan misteri dan berbahayanya dibanding segitiga bermuda. Berikut ulasan misteri lautan segitiga bermuda.

  • Laut Setan

Perairan yang berada 100 kilo meter di selatan Jepang ini merupakan kawasan yang sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaran dan penerbangan. Walau sebenarnya merupakan daerah laut tenang di lautan pasifik namun di perairan yang konon tidak memiliki hewan laut itu sering muncul badai dengan tiba – tiba lalu menghilang dengan tiba – tiba. Antara tahun 1950 hingga 1954 terhitung 9 kapal besar hilang tanpa jejak saat melewati lautan setan karena peristiwa tersebut, pada tahun 1955 pemerintah jepang mengirim sejumlah pakar untuk meneliti daerah tersebut tetapi sayang tim ekspedisi beserta kapal yang mereka gunakan lenyap tanpa bekas selain itu misteri lainnya adalah sekalipun kapal – kapal yang menjadi korban tetap utuh tetapi penumpang – penumpangnya lenyap. Apa yang dialami para penumpang kapal dan kemana mereka pergi hingga kini misterinya belum juga terjawab.

  • Tanjung Harapan
Baca juga  9 Bedanya Barang Asli dan KW ini Kocak Abis, Harga Emang Gak Ngebohongin Yah

Kawasan perairan ini bernama Tanjung Harapan atau juga biasa dikenal dengan sebutan Tanjung Badai di Afrika Selatan. Selama ratusan tahun sudah banyak kapal besar yang tenggelam disini, bagi para pelaut perairan Tanjung Harapan merupakan daerah yang dianggap berbahaya karena tanpa sebab tiba – tiba sering terjadi gelombang raksasa yang tingginya dapat mencapai 30 meter padahal saat itu laut sedang tenang kemudian gelombang itu akan membentuk rongga yang sangat besar. Menurut para ilmuan ombak mematikan yang mereka sebut sebagai Gelombang Solitaire itu merupakan gabungan dari dua ombak, sebenarnya fenomena ombak ini biasa terjadi di lautan tetapi area Tanjung Harapan merupakan perairan yang paling berbahaya dibanding dengan segitiga bermuda di Samudra Atlantik.

Baca juga  Cerita Mistis SMKN 3 Magelang
  • Laut Sargasso

Letak perairan yang juga menyimpan misteri ini berada di sebelah tenggara segitiga bermuda di Samudra Atlantik itulah banyak orang menyamakan laut Sargasso ini dengan segitiga bermuda. Lautan ini menyimpan keunikan tersendiri dimana perairanya bergerak searah jarum jam selain itu lautan yang memiliki pusaran raksasa dengan aturanya sendiri ini ternyata dapat mempengaruhi penglihatan para pelaut yang melintasinya. Sejumlah orang mengaku melihat fatamorgana dimana matahari terbit di timur dan di barat dalam waktu yang bersamaan. Menurut seorang pakar dari Australia, pusaran raksasa di perairan Sargasso dapat menciptakan pusaran kecil yang mencapai wilayah segitiga bermuda dan pusaran kecil inilah yang dapat mencelakai benda – benda yang melintasinya.

  • Perairan Sagori Sulawesi Tenggara

Sebelum tahun 2002 pulau yang merupakan objek wisata ini ternyata menyimpan misteri antara lain adalah misteri sering terjadi kapal karam oleh karena itu banyak orang menyebutnya segitiga bermuda di Kabaena. Menurut tokoh masyarakat suku Sama di Kabaena sejak dahulu hampir setiap dua tahun perairan pulau Sagori menelan korban seperti kapal pecah karena menabrak karang ataupun korban manusia yang dibawa hanyut oleh gulungan ombak pantai pulau tersebut. Karena tidak terhitung lagi jumlah kapal yang terkubur didasar laut pulau Sagori pulau ini disebut kuburan kapal, kapal yang terkubur disini antara lain kapal layar VOC dan kapal – kapal yang diperkirakan berasal dari China.

  • Bagian Timur Samudra Hindia dan Teluk Persia
Baca juga  5 Karakter Anime Baka yang Seru untuk Ditonton

Daerah ini terkenal karena telah terjadi fenomena misterius dimana terdapat lingkaran cahaya raksasa yang berputar – putar di permukaan air, hingga kini ilmu pengetahuan belum dapat memecahkan misteri lingkaran tersebut namun seorang ahli kelautan dari Jerman menyatakan bahwa fenomena itu adalah akibat gempa bawah laut yang menimbulkan pendarahan plankton karena itulah timbul gerakan seperti putaran roda namun hipotesis itu menuai kritik karena tetap tidak menjelaskan tentang fenomena lingkaran cahaya tersebut secara logis.

Jadi itulah ulasan mengenai misteri lautan. Anda percaya? Jangan lupa komen dibawah ya.

Baca juga : Hewan ini Diakui paling Ditakuti Oleh Ular!

(Visited 49 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.