Thu. Nov 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Bahasa Pemrograman yang Paling penting untuk Dipelajari

3 min read
Sharing is Caring

Sebenarnya, apa itu bahasa pemrograman? sederhananya, bahasa pemrograman berarti instruksi standar yang diberikan kepada komputer agar melakukan sesuatu yang kita inginkan.

Bahasa pemrograman memiliki banyak jenis yang bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Untuk membuat website atau game pasti memiliki bahasa yang berbeda.

Bahasa pemrograman biasanya berbentuk kode yang dapat diolah melalui aplikasi bahasa pemrograman, seperti Netbeans atau Microsoft Visual Studio.

Contoh bahasa pemrograman yang terkenal adalah Java, terinspirasi dari kopi Jawa yang terkenal karena bercita rasa tinggi.

Untuk kalian yang tertarik dengan bahasa pemrograman, kami akan memberi kamu beberapa rekomendasi bahasa pemrograman apa saja yang pantas kamu pelajari ditahun 2019 ini.

1. Java

Hasil gambar untuk Java syntax

Java sudah memiliki usia lebih dari 20 tahun dan tetap menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan.

Java termasuk object-oriented programming atau pemrograman berorientasi obyek. Bahasa pemrograman ini dianggap paling sederhana jika dibandingkan dengan C++.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Java adalah kemampuannya yang bisa berjalan di berbagai platform. Bahkan, Java memiliki slogan write once, run everywhere.

Sistem operasi Android yang dibuat menggunakan bahasa Java. Bahkan, 90% perusahaan yang masuk ke dalam Fortune 500 menggunakan bahasa ini untuk bagian back-end-nya.

Baca juga  5 Ponsel Sultan Yang Dulu Harganya Selangit, Sekarang Siapapun Bisa Beli !

Di salah satu situs lowongan kerja pada bulan Januari 2019, terdapat 62.000 lowongan pekerjaan yang memiliki persyaratan harus mengusasai bahasa Java.

2. C/C++

Hasil gambar untuk c++ syntax

Bisa dibilang, C adalah ibunya bahasa pemrograman lain seperti Java, Objective C, dan C#. Banyak persamaan pada syntax hingga paradigmanya.

Sistem operasi Linux dibuat menggunakan bahasa pemrograman ini. Jika kalian ingin menjadi seorang programmer sistem, bahasa ini sangat cocok untuk kalian.

Lantas, apa yang membuat beda antara C dan C++? Bedanya, C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi obyek, sama seperti Java, namun bahasa ini dibangun berdasarkan bahasa C.

Pengembangan virtual reality, game, sampai grafis komputer banyak yang bergantung pada bahasa C++ ini, dikarenakan memiliki kecepatan dan kestabilan yang bagus.

3. Python

Hasil gambar untuk python syntax

Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer karena user-friendly. Sama seperti Java, syntax yang dimiliki Python sangat mudah untuk dipahami dan dipelajari.

Selain itu, Python juga berorientasi obyek seperti Javascript, yang akan Jaka jelaskan di poin selanjutnya.

Bedanya, Python lebih cocok dipelajari untuk kamu yang tertarik untuk mempelajari pemrograman back-end. Python juga termasuk fleksibel karena bisa dijalankan di berbagai aplikasi.

Baca juga  Teknologi Super FlashCharge dari Vivo mengisi telepon 4.000 mAh dalam 13 menit

Mau tahu contoh aplikasi yang menggunakan Python? Ada YouTubeInstagram, hingga Pinterest.

Kalau kamu merasa bingung ketika mempelajarinya, bahasa pemrograman Python memiliki komunitas yang sangat besar untuk membantumu.

Sama seperti Java, banyak sekali lowongan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman Python.

4. JavaScript

Hasil gambar untuk Javascript syntax

Meskipun sama-sama bernama Java, sebenarnya JavaScript tidak memiliki hubungan apapun dengan Java.

Alasan di balik penggunaan nama tersebut sebenarnya simpel, hanya strategi pemasaran agar lebih muda diterima karena programmer sudah terbiasa dengan nama Java.

Saat ini, JavaScript menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling penting untuk software developer, terutama untuk bagian front-end.

Sebagai bahasa pemrograman yang berbasis obyek, JavaScript bisa membuat tampilan website kalian menjadi lebih interaktif dan menarik.

Pada survei yang dilakukan oleh Stack Overflow pada tahun 2018, bahasa pemrograman ini menjadi bahasa pemrograman paling populer selama enam tahun berturut-turut.

JavaScript banyak digunakan dikarenakan ringan, kompatibel di berbagai browser, dan syntax yang dimiliki juga sangat fleksibel.

5. PHP

Hasil gambar untuk php syntax

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat website bersama HTML.

Baca juga  Teknologi Canggih ini Terinspirasi dari Anime

PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page yang kemudian dirubah menjadi Hypertext Preprocessor.

Bahasa pemrograman ini sangat populer karena gratis dan mudah digunakan bagi pemula, terutama yang ingin mempelajari back-end programming untuk website.

WordPress CMS (Content Management System) menggunakan banyak bahasa PHP di dalamnya. Tentu saja banyak situs di internet yang juga menggunakan PHP.

Saingan terbesar dari PHP adalah Python dan JavaScript. Kekurangan dari bahasa PHP adalah menurunkan performa website dan berimbas kepada waktu loading halaman.

Bahasa Pemrograman mana yang cocok untuk kamu? kami akan membantu merangkumnya di sini.

Kalau kalian ingin mempelajari front-end web development, pilihlah JavaScript.Untuk back-end web development**, kalian bisa memilih antara JavaScript, Python, Java, PHP, atau C#.

Ingin membuat aplikasi desktop? Pilih antara Java, C++, atau Python. JIka ingin membuat aplikasi mobile, pilih Java, atau C#.

Tertarik untuk membuat sebuah game? Pilih C++ atau C#.

Baca Juga : CEO Perusahaan Besar ini hanya menerima gaji Rp15 ribu saja!

(Visited 81 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.