Mon. Sep 21st, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teori Konspirasi tentang Teknologi ini bikin seram!

4 min read
Sharing is Caring

Kopi17an – Teori konspirasi bukanlah suatu hal baru yang tersebar di lingkungan masyarakat di seluruh dunia.

Sampai saat ini ada banyak sekali teori konspirasi yang bermunculan mulai dari konspirasi didunia penerbangan, bisnis, kepercayaan, sampai teknologi.

Dalam dunia teknologi, munculnya teori konspirasi ini pun tidak sedikit ditemukan bahkan terkadang terkesan aneh dan berani.

Meskipun teori-teori tersebut rata-rata bukan merupakan hal yang benar atau hoax, tapi ada juga teori konspirasi ini memiliki kebenaran.

Apa saja teori konspirasi tentang teknologi yang beredar di internet? Mari kita bahas diartikel berikut ini.

1. Konspirasi Tentang Update OS

Hasil gambar untuk upgrade OS

Seiring munculnya perkembangan gadget terbaru pada saat ini, rupanya telah melahirkan teori konspirasi yang dipercayai oleh banyak orang.

Pernah merasakan HP yang kalian gunakan terasa semakin lambat seiring produk HP baru dari merek yang sama banyak diluncurkan? Kalau iya, berarti kamu telah ‘kemakan’ oleh teori konspirasi ini.

Teori konspirasi tentang Update OS ini menyalahkan perusahaan teknologi telah menyabotase produk-produk mereka sendiri yang telah beredar di pasaran.

Sabotase ini dipercaya dilakukan untuk memengaruhi performa gadget yang akhirnya mendorong pengguna untuk melakukan Update OS, mengganti gadgetnya ke model yang terbaru atau hal lain yang bisa menguntungkan pihak perusahaan.

Faktanya, fenomena lemot yang dirasakan oleh pengguna ini hanyalah mitos. Soalnya pelambatan kinerja HP terjadi salah satunya disebabkan oleh beberapa faktor, bukan karena adanya OS atau HP keluaran terbaru.

Baca juga  Ilmuwan Terkenal ini Ternyata tidak Percaya dengan Tuhan!

2. Teori Konspirasi Font Wingdings

Hasil gambar untuk Font wingdings

Kalian tahu atau bahkan pernah menggunakan style font Wingdings, ini? Ternyata font ini juga melahirkan teori konspirasi yang dianggap menyimpan pesan rahasia lho.

Pada tahun 1922, tepatnya beberapa hari setelah Windows 3.1 dirilis, terungkap bahwa ketika kalian mengetikkan kata ‘NYC’ di font Wingdings maka akan memunculkan gambar berupa tengkorakBintang Daud, dan jempol.

Gambar tersebut dipercaya oleh sebagian orang sebagai pesan anti Yahudi tersembunyi yang ditanamkan pada font Wingdings.

Menanggapi fenomena yang ramai dibicarakan ini, Microsoft selaku pihak pengembang mengaku bahwa pengaturan karakter sepenuhnya dilakukan secara random atau acak.

Selain teori konspirasi tersebut, font misterus ini juga pernah dikaitkan dengan kejadian pembajakan pesawat terbang nomor penerbangan Q33NY yang menabrak menara kembar di AS pada 2001 lalu yang dikenal dengan serangan 9/11.

Dan menariknya lagi, ketika kalian coba mengetik nomor penerbangan tersebut dengan font Wingdings maka nomor tersebut akan dikonversikan ke simbol pesawat, kertas kotak menyerupai gedung, tengkorak bajak laut, dan logo Zionis.

3. Teori Konspirasi OS Unix Adalah Virus

Hasil gambar untuk UNIX OS

Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project pada tahun 1965 yang diselenggara oleh American Telephone and Telegraph (AT&AT), General Electric (GE), dan Intitut Teknologi Massachusetts (MIT).

Baca juga  Game PC Horror ini dapat Membuatmu Ketakutan!

Pengembangan OS ini dimulai pada tahun 1970-an di Bell Labs yang bertujuan untuk membuat para pesaing AT&T untuk turun dengan membuat mereka bergantung pada suatu sistem yang berada di bawah kendali perusahaan ini.

Sistem operasi Unix ini akan dibuat dan disebarkan ke lingkungan yang lebih luas namun dengan harga yang murah dan tentunya tidak aman, sehingga para konsumen memerlukan peningkatan lebih dari pihak AT&AT.

Menurut teori konspirasi yang berkembang, sistem operasi Unix justru dirancang untuk menjadi salah satu virus komputer pertama.

4. Teori Konspirasi Bug Y2K

Gambar terkait

Bug Y2K atau kepanjangan dari Year 2 Kilo adalah kesalahan perhitungan komputer yang disebabkan oleh sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi dua digit pertama adalah 19.

Hal ini bermula pada tahun 60-an ketika komputer pertama dirancang untuk menghemat media penyimpanan, namun ketika pada tahun 2000 tiba komputer justru mengubah tahun dari 1999 ke 1900 yang seharusnya 2000.

Dari situ munculah teori konspirasi yang dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar karena pada saat itu komputer juga digunakan untuk mengatur Pembangkit Listrik dan pesawat terbang.

Baca juga  Ini 3 Smartphone Tahan Air Terbaik Di Bulan July 2019, Nomor 3 Keren Banget !

Meskipun kekhawatiran itu tidak benar terjadi, tapi bug Y2K ini cukup menyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah kartu kredit yang ditolak karena masa berlakunya habis tahun 2000 tetapi komputer membacanya sebagai tahun 1900.

5. Teori Konspirasi HAARP

Hasil gambar untuk High-Frequency Active Aurora Research

High-Frequency Active Aurora Research (HAARP) adalah sebuah program penelitian gabungan yang dilakukan dan dibiayai oleh Angkatan Udara dan Laut Amerika Serikat, Universitas Alaska, dan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Proyek ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1993, di mana HAARP difungsikan untuk menganalisis ionosfer dan menyelidiki potensi pengembangan teknologi ionosfer baru untuk komunikasi radio dan pengintaian.

Namun, para teoriwan konspirasi mengklaim bahwa HAARP dapat merubah cuaca, mematikan satelit, digunakan sebagai senjata melawan teroris, dan bahkan melakukan pengendalian pikiran manusia.

Selain itu, proyek ini juga disalahkan sebagai penyebab gempa bumi, kekeringan, badai, dan banjir.

Meskipun begitu, para ilmuwan mengatakan bahwa teori konspirasi semacam ini tidak berdasar dan bahkan melampaui jangkauan ilmu alam.

Itulah teori-teori konspirasi menyeramkan tentang teknologi yang banyak beredar di internet.

Masih belum diketahui itu benar atau tidak, namun teori konspirasi ini sangat menarik untuk kalian ketahui.

Baca Juga : Ilmuwan Terkenal ini Ternyata tidak Percaya dengan Tuhan!

(Visited 139 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.