Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teknologi Canggih ini Ternyata Hanya Tipuan Belaka!

3 min read
Sharing is Caring

Teknologi bukan lagi sebagai alat pendukung, melainkan sudah menjadi salah satu bagian utama yang tidak bisa terpisahkan dari inovasi yang dikeluarkan.

Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat banyak perusahaan akhirnya berusaha mencetuskan terobosan teknologi-teknologi canggih lainnya.

Tidak sedikit juga perusahaan yang menggunakan iming-iming teknologi canggih untuk inovasinya tapi ternyata hanya sebuah tipuan belaka.

Berikut Teknologi-teknologi canggih yant ternyata hanya tipuan belaka.

1. Theranos

Hasil gambar untuk Theranos

Theranos merupakan sebuah startup asal Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2003 lalu oleh seorang wanita bernama Elizabeth Holmes.

Startup teknologi kesehatan ini bergerak di bidang laboratorium pengecekan DNA.

Dengan teknologi bernama “Edison” yang dikembangkannya, perusahaan ini menjanjikan metode pengecekan darah yang jauh lebih murah, cepat, dan akurat.

Selain itu, perusahaan ini mengatakan bahwa teknologi yang dimilikinya mampu melakukan pengecekan darah hanya dengan setetes sampel darah pasiennya.

Kesuksesan itu tidak bertahan lama. Pada tahun 2015, seorang jurnalis dari The Wall Street Journal (WSJ) melakukan investigasi dan mengungkapkan hal menarik bahwa Holmes telah melakukan penipuan.

Baca juga  Inilah Nama 10 Figuran Wanita yang Sering Muncul di Kartun Spongebob, Sudah Tau Belum?

Rupanya, untuk melakukan tes darah pasiennya Theranos ternyata tidak menggunakan teknologinya sendiri, melainkan menggunakan pihak ketiga yang sudah lama bergelut di dunia pengecekan darah.

Fakta lain mengungkapkan bahwa hasil pengecekan darahnya pun tidak akurat atau tidak sesuai.

2. Roket Pembuktian Bumi Datar

Hasil gambar untuk Rocket flat earth

Semenjak munculnya teori konspirasi yang menyebutkan bahwa bentuk bumi itu datar, saat ini umat manusia di dunia terpecah ke dalam dua tipe. Yaitu penganut bumi datar dan bumi bulat.

Satu tahun yang lalu, salah seorang penganut bumi datar asal California bernama Mike Hughes membuat roket pribadi untuk pergi ke luar angkasa.

Dia ingin membuktikan bahwa kepercayaannya mengenai bumi datar itu benar adanya. Mike akhirnya sukses meluncurkan roketnya tersebut.

Menariknya, roket yang dibilangnya akan membawanya ke luar angkasa itu justru hanya dapat mencapai ketinggian 572 meter saja.

Baca juga  Jenis-Jenis Kamera Depan yang ada di Smartphone Masa Kini

Padahal sudah heboh mau membuktikan kalau bentuk bumi itu datar tapi ternyata roketnya tidak sampai ke ruang angkasa.

3. TV Berwarna Instan

tv_berwarna_instan

Di awal kehadirannya, televisi masih menggunakan teknologi yang hanya bisa menampilkan warna hitam dan putih saja.

Namun, sebuah perusahaan penyiaran nasional dari Swedia, SVT, menyiarkan laporan spesial yang mengatakan bahwa ada trik khusus agar membuat televisi jadi berwarna dengan mudah.

Penyiar bernama Stensson tersebut mengatakan bahwa penontonnya dapat mengubah televisi menjadi berwarna hanya dengan meregangkan stoking berbahan nilon di atas layarnya.

Dan ternyata acara itu hanya untuk merayakan hari April Fool’s Day.

4. Server Kentang

Sebuah Channel TV yang cukup terkenal yaitu BBC, menayangkan sebuah berita dari sekelompok prankster yang mengatakan bahwa kentang dapat memberikan daya pada server web.

Sayangnya, beberapa organisasi media mengangkat berita itu sebelum benar-benar diketahui kebenarannya. Sehingga teknologi server kentang ini dianggap sebagai tipuan belaka.

Baca juga  Inilah 7 Penemuan Nikola Tesla yang Ditakuti Para Elit Global

Namun, salah satu penciptanya mengatakan walaupun itu palsu, tetapi konsep itu memungkinkan.

Hal itu dibuktikan pada bulan Juni 2000 ketika seseorang bernama Fredric White diduga membuat teknologi server kentang yang sesungguhnya.

Namun, Fredric meninggalkan proyeknya setelah dia kesal dengan bau kentang yang busuk.

5. Robot Hi-Tech Rusia

Hasil gambar untuk Robot Hi-Tech Russia

Sebuah robot yang diberi nama Boris ini ditampilkan dalam laporan berita saluran televisi milik pemerintahan Rusia.

Robot tersebut bisa berjalan, berbicara, dan menari layaknya manusia. Bahkan robot ini dinyatakan sebagai robot tercanggih oleh saluran TV di forum teknologi untuk murid sekolah.

Tapi, sebuah keanehan tampak ketika sebuah foto yang beredar di internet menunjukkan secara jelas bahwa robot tersebut merupakan manusia yang berkostum layaknya sebuah robot.

Itulah beberapa teknologi-teknologi canggih yang ternyata hanya tipuan belaka.

Baca Juga : Teknologi ini Bisa Menyebabkan Kiamat!

(Visited 15 times, 1 visits today)