Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Kota ini akan Tenggelam di Masa Depan!

3 min read
Sharing is Caring

Akhir – akhir ini banjir yang melanda kota Jakarta ternyata membuat Ibukota tercinta ini menjadi salah satu kota yang diprediksi akan tenggelam di masa yang akan datang. Hal ini disebabkan karena letak geografis dimana 40% wilayah Jakarta berada dibawah permukaan laut. Hal ini bisa saja terjadi jika melihat alam ibukota mencapai titik kronis karena minimnya daerah resapan air. Hal ini semakin diper parah dengan defisit air tanah sebanyak 66,6 juta meter kubik yang mengakibatkan dua miliar meter kubik air hujan pertahun dengan daya serap yang hanya mencapai 36% saja sedangkan sisanya hanya terbuang ke selokan dan sungai yang menyebabkan banjir tak teratasi. Namun bukan hanya di Jakarta saja bahkan kota diluar Indonesia ini juga akan terancam apa saja itu simak berikut ini.

  • Bangkok

Kota ini adalah salah satu kota dengan perkembangan terpesat yang didukung dengan ekonomi yang dinamis dan progresif di Asia Tenggara. Dibalik perkembanganya yang sangat pesat di tahun 2100 yang akan datang Bangkok diprediksi menjadi kota Atlantis ke dua. Ibukota Thailand tersebut akan tenggelam karena disebabkan beberapa faktor antara lain perubahan iklim, efek rumah kaca, pergeseran tanah dan naiknya tinggi permukaan laut. Sejumlah ahli mengatakan tingkat ketinggian laut akan semakin meningkat sebesar 19 hingga 29 centimeters pada tahun 2050 yang akan mendatang. Menurut hasil penelusuran Wolf Beng pada tahun 1970 silam tanah di kota Bangkok mengalami penurunan 10 centimeters hal utama yang menyebabkan tenggelamnya kota Bangkok adalah pembangunan gedung-gedung, pabrik dan pertumbuhan penduduk.

  • Venezia
Baca juga  Manfaat Super Menaruh Campuran Garam dan Gula di Bawah Lidah

Kota Venezia adalah salah satu eksotik dan cantik di negeri Pizza (Italia) yang merupakan kota industri dan tujuan wisata dunia. Kota yang berada di utara Italia ini adalah salah satu kota yang dikelilingi oleh kanal – kanal diantara bangunan gedung dan terkenal dengan sarana transportasinya yaitu Gondola sayangnya keberadaan kota yang mendapat julukan kota apung ini diperkirakan akan tenggelam lima kali lebih cepat daripada yang diperkirakan para peneliti sebelumnya. Sejumlah ilmuan mengatakan kota ini mulai miring ke timur yang diakibatkan oleh banjir besar yang pernah terjadi sebelumnya. Bagian utara Venezia kini sudah terendam laut antara dua sampai tiga millimeter tiap tahunnya. Permukaan laut tersebut sering meningkat karena disebabkan oleh mencairnya gletser dan es.

Baca juga  Tak Disadari, Inilah 6 Kejanggalan di Film Harry Potter, Bisa Tebak?
  • Meksiko

Meksiko merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia. Kota yang pada tahun 2007 lalu menjadi kota yang paling banyak dikunjungi turis ini terancam akan tenggelam karena kota ini berdiri di atas daratan yang tidak terlalu kokoh yang akan mengakibatkan kota Meksiko beresiko tenggelam sedalam dua centimeters setiap tahunnya. Bahkan antara tahun 2004 sampai 2006 tercakap telah terjadi penurunan dibagian timur kota Meksiko sebesar 30 centimeters per tahunya. Pengambilan air tanah terus menerus dan dalam jumlah yang banyak telah mengakibatkan lapisan tanah di kota ini menjadi pecah.

  • New  York

Kota ketiga terbesar di Amerika Serikat ini ternyata tidak luput dari resiko akan tenggelam. Kota yang pada tahun 2011 lalu dipadati oleh 8,2 juta jiwa ini akan menghilang dan tenggelam akibat efek pemanasan global. Kota yang berhadapan dengan sungai Hudson dimana airnya mengarah ke Samudra Atlantik ini lambat laun akan mengalami resiko kerusakan akibat dari kenaikan permukaan air laut dan badai tropis yang dahsyat. Para ahli melaporkan tingkat kenaikan permukaan air laut di kota ini diperkirakan meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan dengan kenaikan permukaan air diseluruh dunia itu berarti kota New York akan tenggelam lebih dahulu dibanding seluruh bagian negara Amerika Serikat lainnya.

  • Shanghai
Baca juga  Inilah 5 Artis Cantik Indonesia yang Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

Shanghai merupakan kota yang mengalami perkembangan sangat pesat selama beberapa tahun terakhir sekaligus sebagai pelabuhan tersibuk di dunia bersama Singapura dan juga Rotterdam. Kemajuan yang dialami kota ini tidak diiringi dengan keadaan struktur tanah yang dimiliki, struktur tanah yang semulanya merupakan daerah rawa kini dipenuhi dengan bangunan – bangunan pencakar langit yang menyebabkan permukaan tanah di kota Shanghai menurun setengan inchi atau 1,25 centimeters setiap tahunnya. Penyebab lain kota ini tenggelam adalah penduduk kota ini yang tercatat mencapai 23,5 juta jiwa pada 2012 lalu. Hal ini berimbas pada banyaknya bangunan pencakar langit yang ada disana.

Baca juga : Kematian Artis ini Meninggalkan Misteri

(Visited 27 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.