Sat. Aug 8th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Menkominfo: Kebijakan 5G di Indonesia Masih Lama

2 min read
Sharing is Caring
Hasil gambar untuk Menkominfo: Implementasi 5G di Indonesia Masih Lama
kumparan.com

Pada kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berbicara komersialisasi 5G di negara Indonesia masih jauh. Dikarenakan, mereka menganggap masih belum tentu masyarakat mau mengeluarkan biaya yang lebih demi kecepatan jaringan 5G.

Karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan masih menganggap bahwa 5G belum mempunyai pasar yang bakal menggunakan jaringan secara masif.

“Kami juga masih belum melihat 5G berada di depan mata karena dalam segi model bisnis untuk konsumen itu masih jarang dan belum ada,” ucap Rudiantara pada saat Rapat Kerja antara Kemkominfo bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin 13/5/2019.

Tetapi, dia berbicara 5G dapat digunakan oleh korporasi dikarenakan mereka bakal membuat perhitungan selama ada keuntungan dalam bisnis itu.

Baca juga  HP Omen X 2S Meluncurkan Dua Layar di Laptop Gaming
Hasil gambar untuk Menkominfo: Implementasi 5G di Indonesia Masih Lama
genpi.co

“Dalam Segi model bisnis untuk konsumen itu masih belum ada, yang ada hanya untuk bisnis korporasi. Seperti halnya di Jepang, ketika negara itu ditanya 5G pada 2020, mereka mengatakan, mereka tuan rumah Olimpiade, tapi konsumennya masih belum ada,” ucap Rudiantara.

Oleh karena itu, dia mengatakan masih belum ada model bisnis yang baik untuk ritel.

“5G sudah dipercayai lebih cepat dari 4G. Tetapi apakah masyarakat umum bakal mau untuk mengeluarkan tiga kali lipat lebih besar dari biaya sekarang digunakan?,” tanya Rudiantara.

Hasil gambar untuk Menkominfo: Implementasi 5G di Indonesia Masih Lama
kominfo.go.id

Kendati berbicara demikian, Rudiantara juga mengatakan untuk seluruh operator harus siap untuk mengimplementasi 5G di Indonesia walaupun masih belum ada kepastian waktu yang akan diluncurkan. 

“Kalau tentang untuk uji coba juga harus jalan terus karena wajib mengikuti perkembangan untuk teknologi kedepannya” ucap Rudiantara.

Baca juga  Dulu Monster, Kini 7 HP Samsung Ini Harganya Sudah Turun Harga. No 5 Terlaku Tahun 2018
(Visited 15 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.