Rab. Jan 20th, 2021

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Dampak Baik dari Akses Medsos dan Pesan Instan yang Dibatasi

2 min read
Sharing is Caring

Pemberitahuan hasil pemilu pada 22 Mei 2019 tidak berjalan mulus. Banyak orang yang masih tidak terima dengan hasilnya dan menimbulkan kekacauan yang sangat rusuh di kawasan Tanah Abang, Jatibaru di Jakarta yang mengakibatkan 200 orang terluka dan enam orang meninggal dunia.

Tidak hanya itu tetapi hal tersebut juga berdampak pada masyarakat Indonesia. Akses media sosial dan pesan instan juga dibatasi sampai tanggal 25 Mei 2019. Tetapi hal tersebut juga memberikan dampak baik bagi kita semua yaitu.

Terhindar dari Berita Hoax

Kejadian heboh tersebut pasti menimbulkan beberapa oknum yang akan menyebarkan berita hoax yang akan berakibat membuat panik seseorang. Dengan membatasi akses media sosial ini berita hoax tersebut bisa terkurangi, masyarakat Indonesia pun bisa menjadi lebih tenang.

Baca juga  Pulau Harta Karun Ini Jadi Rebutan Jutaan Dolar

Mengurangi Orang Masuk Penjara

Kok bisa? Karena tidak aka nada orang yang akan menyebarkan berita hoax. Ketentuan yang ada di Indonesia bagi siapa saja yang menyebarkan berita hoax akan di proses melalui jalur hukum. Ketentuanya antara lain, pertama jika orang menyebarkan berita hoax dengan sengaja sampai terjadi keonaran di kalangan rakyat akan mendapati hukuman 10 tahun penjara menurut Pasal 14 ayat 1 U no. 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana, kedua jika orang menyebarkan berita hoax dengan sengaja sampai terjadi keonaran di kalangan rakyat sedangkan dia tahu bahwa itu bohong dapat mendapati tiga tahun penjara menurut Pasal 14 ayat 2, yang terkahir menyebarkan berita hoax dan tidak lengkap dan membuat keonaran paling lama mendapati dua tahun penjara menurut Pasal 15.

Baca juga  7 Karakter Kakek Perkasa dalam dunia Anime

Tidak Mengurangi Pahala

Menurut agama Islam menyebarkan berita hoax adalah hal yang dilarang. Pembatasan ini sangat bermanfaat karena seseorang dapat terhindar dari perbuatan dosa. Bisa dibayangkan saja bagaimana jika tidak dibatasi. Orang orang akan menyebarkan berita hoax dan otomatis mendapat dosa sangat banyak. Belum lagi sekarang adalah bulan Ramadhan penuh berkah, dengan pembatasan ini puasa kita akan menjadi puasa yang diterima oleh Allah SWT dan tidak sia sia.

Baca juga : Ini Dia, Anak Genius yang Memperoleh Nilai UN Sempurna

(Visited 28 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.