Fri. Aug 14th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Ilmuwan ini Menyesal dengan Hasil Temuannya sendiri

3 min read
Sharing is Caring

Pada umumnyahasil penemuan sangatlah membuat bangga para penemunya karena bisa memberikan kontribusi terhadap kehidupan manusia.

Akan tetapi, ada beberapa ilmuwan yang justru merasa menyesal dengan hasil temuannya sendiri walaupun hasil temuannya itu sangat terkenal di dunia.

Dikarenakan hasil temuannya malah memberikan dampak negatif bagi hidup manusia dan bahkan menyebabkan kematian.

Daripada penasaran, Berikut Daftar Ilmuwan yang menyesal dengan hasil temuannya sendiri.

1. Alfred Bernhard Nobel – Penemu Dinamit

Hasil gambar untuk alfred nobel

Alfred Bernhard Nobel merupakan seorang Ilmuwan asal Swedia yang telah berhasil menemukan dinamit.

Sebelum berhasil menciptakan dinamit, pada tahun 1847 Nobel terlibat dalam proyek penelitian dengan seorang ahli kimia yang berasal dai Italia bernama Ascanio Sobrero.

Dari proyek itu Nobel berhasil menemukan nitrogliserin,
nitrogliserin merupakan bahan peledak cair berminyak yang diramu dengan menggabungkan gliserinasam nitrat, dan asam sulfat.

Baca juga  Samsung Galaxy Note 10 Sudah Muncul, Tampilan Nya Bikin Geleng-Geleng Kepala Cuy !

Pada tahun 1867 Nobel berhasil menemukan racikan yang dianggap bisa menghasilkan sebuah ledakan yang lebih stabil yaitu campuran nitrogliserin dengan tanah diatom.

Hasil temuannya itu kemudian dipatenkan dan dikasih nama dinamit yang dalam bahasa Yunani berarti kekuatan.

Setelah itu dinamit menjadi sangat terkenal dan merevolusi dunia pertambangan dan konstruksi. Seiring perkembangan zaman dinamit justru dipakai di dunia militer untuk berperang.

Beberapa surat kabar Perancis pernah menggambarkan Nobel merupakan pria kaya pencabut nyawa.

Walaupun Nobel tidak secara langsung mengungkapkan penyesalannya itu, tetapi Nobel berharap bisa menemukan bahan lain yang berdaya ledak tinggi untuk mengakhiri peperangan.

2. Mikhail Kalashnikov – Pencipta Senjata AK-47

Hasil gambar untuk mikhail kalashnikov

Senjata mematikan tersebut dibuat oleh Kalashnikov dengan tujuan untuk memperkuat sistem pertahanan Uni Soviet dan muncul pertama kali pada tahun 1945.

Saat membuat senjata itu, Kalashnikov tidak pernah menyangka kalau AK-47 menjadi senjata populer di kalangan gang, mafia, teroris, dan bahkan diktator di seluruh dunia.

Baca juga  Menunggu THR Cair, 5 Smartphone Rp 1 Jutaan ini dapat Temani Mudik!

Biaya produksi yang murah dan desain yang sangat sederhana membuat senjata satu ini banyak digunakan dalam peperangan dan kejahatan di berbagai penjuru dunia.

Hal itulah yang membuat Kalashnikov menyesal dengan hasil temuan satu ini.

Bahkan, di saat terakhirnya ia mengirimkan surat keoada kepala Gereja Ortodoks Rusia dan bertanya apakah dirinya pantas untuk disalahkan atas jutaan kematian orang yang diakibatkan oleh senajata ciptaannya itu.

3. Albert Einstein dan J. Robert Oppenheimer – Penemu Bom Atom

Hasil gambar untuk albert einstein oppenheimer

Dua penemu jenius Albert Einstein dan J. Robert Oppenheimer mungkin tidak menyangka jika ledakan besar di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 tersebut terjadi setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom ciptaannya.

Bom Atom pertama kali diciptakan oleh Oppenheimer yang pada saat itu menjabat sebagai direktur proyek Manhattan yang dibentuk untuk melakukan riset dan pengembangan senjata nuklir saat Perang Dunia II.

Baca juga  Ternyata Bukan Xiaomi! Inilah Raja HP China Yang Bisa Geser Apple

Sayangnya, penemuan itu juga tidak lepas dari campur tangan Einstein yang membantu tim pengembangan dengan teori-teorinya.

Dalam ledakan tersebut, Oppenheimer lah yang paling merasa bersalah karena telah menemukan senjata mengerikan seperti itu.

Ia juga menyesal mengapa pemerintah Amerika Serikat tidak memberi peringatan terlebih dahulu kepada Jepang ataupun dunia akan mengerikannya ledakan bom nuklir.

Tidak hanya Oppenheime, Einstein pun juga merasakan penyesalan yang mendalam selama beberapa tahun setelah Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi oleh bom atom temuannya tersebut.

Itu dia beberapa hasil temuan yang disesali oleh penemunya sendiri.

Wajar saja, jika mereka merasa menyesal karena hasil temuannya itu ternyata akan memberikan efek negatif pada kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga :

(Visited 67 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.