Tue. Oct 20th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Teknologi Canggih ini sudah lama ada di Indonesia

3 min read
Sharing is Caring

Perkembangan teknologi di zaman modern ini mungkin sudah tidak aneh dan istimewa lagi.

Begitu banyaknya ide baru yang diciptakan seiring zaman yang terjadi saat ini, membuat kebanyakan orang mengira bahwa teknologi itu baru saja hadir.

Faktanya teknologi yang sering dipakai orang orang sudah ada sejak zaman dahulu. Walaupun tidak sesempurna seperti sekarang.

Apa saja teknologi canggih yang sudah ada lama di Indonesia? Berikut daftar Teknologi canggih yang sudah lama ada di Indonesia.

1. Si Gale-Gale (Robot Tradisional Nusantara)

Hasil gambar untuk Si gale gale

Masih banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa sebenarnya di Indonesia inovasi robot sudah ada sejak zaman purbakala tepatnya pada 1930.

Robot tradisional yang menyerupai boneka ini diberi nama si gale-gale. Sejak zaman dahulu, si gale-gale digunakan oleh masyarakat Toba di Sumatra Utara sebagai salah satu ajang pameran dalam pertunjukan Kesenian Tradisional

Robot tradisional satu ini memiliki tinggi hampir satu setengah meter, dan digerakkan dengan menggunakan tali yang menyambung.

Tali tersebut nantinya akan ditarik ulur sehingga si gale-gale dapat membungkuk, menggerakkan kepala, bahkan menggerakkan kedua tangannya seperti seorang manusia yang sedang menari.

Baca juga  Siapkan Obat Herbal Ini Untuk Antisipasi Virus Corona

Bukan itu saja, robot tradisional ini juga dikenakan sebuah kostum tradisional adat batak.

Penemuan ini menjadi bukti bahwa nenek moyang kita pada zaman dahulu sudah bisa menciptakan robot meskipun masih dalam bentuk yang sangat sederhana.

2. Karinding (Pengusir Hama melalui Gelombang Suara)

Hasil gambar untuk Karinding

Karinding diperkirakan sudah ada sejak Abad 6. Tidak hanya digunakan sebagai alat musik tiup khas sunda, alat ini juga bisa digunakan sebagai alat pengusir hama.

Karinding dibuat dengan bahan dasar pelepah kawung atau bambu berukuran 20 x 1 cmyang dipotong menjadi tiga bagian.

Ketika ditiup, alat ini mampu mengeluarkan frekuensi gelombang suara low decibel yang bisa menyakitkan hama sehingga akan pergi menjauhi pusat suara tersebut.

Kalau kalian pikir proses pembuatan alat ini sangat mudah, kalian salah, dikarenakan proses pembuatan alat ini membutuhkan kemampuan perhitungan dan ketelitian yang tinggi.

3. Rumah Gadang (Arsitektur Rumah Aman Gempa)

Hasil gambar untuk Rumah Gadang

Pada bidang arsitektur, ternyata para leluhur kita juga sudah berhasil menciptakan teknologi canggih rumah tahan gempa.

Baca juga  Tidak Ada Tandingan, Xioami Rilis Smartphone Dengan Kamera 104 Mp Pertama Di Dunia !

Hal itu dibuktikan melalui konstruksi rumah Gadang khas dari Minang, Sumatera Barat yang dirancang agar bisa bertahan dari guncangan gempa bumi bahkan sampai berkekuatan 8 skala ritcher.

Tidak seperti rumah pada umumnya, rumah Gadang tidak menggunakan paku sebagai pengikatnya tetapi menggunakan pasak.

Selain itu, bangunan rumah ini juga tidak dibangun langsung menyentuh tanah tapi menggunakan tapak tiang yang dialasi dengan batu sandi.

Inovasi ini membuat rumah Gadang bersifat lentur dan akan tetap stabil meskipun menerima guncangan gempa bumi yang cukup kuat.

Menurut ahli konstruksi dari Lembaga Penanggulangan Bencana Alam, konstruksi rumah Gadang ini jauh lebih maju setidaknya 3000 tahun dibanding konstruksi bangunan pada zaman saat ini.

4. Tempe (Bioteknologi Makanan)

Hasil gambar untuk tempe

Ternyata pemanfaatan bioteknologi pada proses pembuatan tempe juga termasuk ke dalam daftar teknologi canggih purbakala asli Indonesia.

Dalam proses pembuatannya, leluhur kita rupanya telah menggunakan Rhizopus untuk membuat tempe dari kedelai.

Meskipun banyak negara lain yang juga mengolah kedelai dengan menggunakan ragi, tapi penggunaan mikroba atau mikroorganisme pada tingkat sel ini hanya dilakukan di Indonesia saja.

Baca juga  5 Foto ini Buktikan Orang Dewasa Tidak Boleh Mewarnai Buku Anak - Anak

Belum diketahui secara jelas kapan pertama kali tempe dibuat, namun makanan tradisonal ini sudah ada sejak berabad-abad lalu. Bahkan, di manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16, kata “tempe” telah ditemukan.

5. Candi Borobudur (Teknologi dan Arsitektur)

Gambar terkait

Candi Borobudur merupakan candi yang diperkirakan dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Syailendra.

Tidak hanya menjadi objek wisata, candi Borobudur juga menjadi salah satu bukti nyata kecanggihan teknologi dan arsitektur Indonesia pada zaman dahulu.

Sulit dibayangkan bagaimana leluhur kita bisa membangun candi Borobudur dengan begitu besar dan kokoh hanya dengan menggunakan bahan baku batu.

Bahkan, dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, belum tentu kita bisa membangun candi yang serupa dengan Candi Borobudur.

Itulah beberapa teknologi canggih yang sudah lama ada di Indonesia.

Baca Juga : Hebat! 4 Teknologi Buatan China ini Benar-benar diluar Pemikiran Manusia

(Visited 19 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.