Sat. Sep 26th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Penemuan Teknologi ini merupakan Hasil Curian dari Orang Lain

3 min read
Sharing is Caring

Penemuan teknologi merupakan suatu hal yang membanggakan sekaligus menakjubkan, mengingat penemuan yang satu ini berpengaruh pada dunia di masa depan.

Jika dikira kira, sampai saat ini sudah ada banyak sekali teknologi canggih yang telah ditemukan dan berpengaruh pada hidup manusia hingga saat ini.

Bagaimana jika penemuan teknologi yang sudah kita kenal selama ini ternyata merupakan hasil curian dari orang lain? Kali ini kita akan membahas penemuan teknologi yang merupakan hasil curian dari orang lain.

1. Telepon

Hasil gambar untuk Telepon

Sebelum adanya ponsel yang ada seperti sekarang ini, dalam berbagai bentuk dan spesifikasi yang canggih seperti sekarang, zaman dahulu kita menggunakan telepon sebagai alat komunikasi.

Selama ini kita diajarkan oleh buku sejarah bahwa penemu dari perangkat yang dapat mentransferkan suara dari suatu tempat ke tempat lainnya adalah Alexander Graham Bell.

Ternyata hal ini tidak sesimpel itu. Ada nama lain di balik sejarah penemuan teknologi telepon yang saat ini bisa kalian gunakan.

Hal ini bermula pada akhir tahun 1800-an di mana terjadi persaingan ketat antara Bell dengan seorang pria bernama Elisha Gray.

Baca juga  Ini Kebiasaan Waktu Tidur Ekstrim & Tak Biasa Dari Para Tokoh Besar Dunia!

Keduanya bersaing untuk menjadi orang pertama yang berhasil menemukan teknologi ini.

Kemudian, pada 14 Februari 1876 keduanya mengajukan paten mereka atas teknologi rancangannya tersebut.

Namun, rupanya Bell menyuap kantor paten untuk mencari tahu konsep telepon yang dirancang oleh Gray.

Pada Akhirnya tanggal 10 Maret, Bell berhasil menciptakan telepon pertama di dunia.

2. Radio

Hasil gambar untuk radio pertama

Pada akhir dekade abad ke-19, seorang pria bernama Nikola Tesla mengatakan bahwa ia bisa menggunakan kumparan tesla bermuatan elektroniknya untuk mengirimkan pesan jarak jauh.

Kemudian, pada tahun 1900 Nikola berhasil menerima paten atas idenya tersebut.

Sayangnya, seorang penemu bernama Marconi mencoba menemukan sesuatu yang sama dengan menggunakan paten milik Nikola.

Marconi akhirnya berhasil menciptakan sebuah radio sekaligus diberikan paten atas penemuannya tersebut.

Karena tidak memiliki uang yang cukup, Nikola akhirnya tidak menuntut Marconi atas pencurian inovasinya ini.

Dan pada akhirnya penemuan teknologi radio ini diserahkan kepadanya setelah kematiannya pada tahun 1943.

3. Lampu

Hasil gambar untuk Lampu

Lampu sudah menjadi salah satu penemuan paling penting dalam sejarah penemuan di dunia. Seperti yang bisa kalian rasakan hari ini, lampu sangat bermanfaat sekali bagi kelangsungan hidup manusia.

Baca juga  Keajaiban Alam Indonesia yang Bikin Dunia Terpana, No 3 Ditakutkan Para Nahkoda

Di balik manfaatnya yang sangat membantu manusia, rupanya ada fakta yang sangat menarik dari penemuan lampu ini.

Seperti yang pernah kalian pelajari bahwa penemu lampu adalah Thomas Edison. Walaupin begitu, sebenarnya Thomas tidak benar-benar menjadi penemu teknologi satu ini.

Penemu lampu yang sebenarnya adalah bernama Heinrich Goebel. Akan tetapi, pada tahun 1854 tidak tahu kenapa Goebel menjual penemuan luar biasanya itu ke Thomas Edison.

Karena pada saat itu Thomas tidak melihat segi manfaat dari penemuan teknologi tersebut akhirnya ia menolak untuk membelinya.

Tidak lama pada saat kematian Goebel, Thomas akhirnya membeli paten dari penemuan lampu melalui istri Goebel dan mengklaim sebagai penemunya.

4. Televisi

Hasil gambar untuk Televisi pertama

Jika pada saat sekolah dulu kalian diajarkan kalau TV pertama di dunia ditemukan oleh seorang pria bernama Vladimir Zworykin di perusahaan elektronik RCA, ternyata hal itu tidak tepat

Realitanya penemu asli dari TV adalah seorang pria bernama Philo Taylor Farnsworth. Farnsworth pertama kali menemukan TV pada tahun 1927 di usianya yang masih 27 tahun.

Baca juga  Banyak yang Gunakan Wajan Jenis ini, Ternyata Berbahaya

Kesalahpahaman ini bermula ketika tiga tahun setelah Farnsworth berhasil menemukan teknologi ini, Zworykin melihat laboratorium miliknya yang berujung pada pencurian ide.

Setelah bertahun-tahun kasus ini ditangani oleh pihak pengadilan, pada akhirnya perusahaan RCA kalah banding dan Farnsworth berhak menerima hak atas penemuannya tersebut.

5. Facebook

Gambar terkait

Semua orang mengetahui bahwa penemu Facebook adalah seorang pria bernama Mark Zuckerberg

Zuckerberg pertama kali merilis Facebook ke publik pada saat usianya yang masih 19 tahun ketika masih menjadi mahasiswa tingkat dua di Universitas Harvard pada tahun 2004.

Perilisan Facebook tersebut diduga dilakukan Zuckerberg tanpa adanya sepengatahuan dari ketiga teman sekelasnya yaitu CameronTyler Winklevoss, dan Divya Narenda ikut membantu dalam menemukan idenya.

Pada akhirnya, ditahun 2007 ketiga teman sekelasnya menerima pembayaran dari Facebook untuk menurunkan ketegangan yang terjadi antara mereka dan Zuckerberg.

Itulah Beberapa Penemuan Teknologi yang merupakan hasil curian dari orang lain.

Baca Juga : Dibalik Rahasia, Ini Sosok yang Menciptakan GPS

(Visited 26 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.