Thu. Oct 29th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Fenomena Laut Ini Terjadi di Luar Nalar Manusia, Bikin Heran!

3 min read
Sharing is Caring

Didunia ini pasti tidak akan lepas dari suatu kejadian aneh atau beberapa fenomena laut yang terjadi diluar nalar manusia. Banyak orang diberbagai yang merekam untuk dijadikan sebagai bukti bahwa telah terjadi fenomena tersebut dan sebagian dijadikan sebagai pembelajaran. Tidak hanya di Indonesia, fenomena laut juga terjadi di seluruh dunia. Hal ini dapat memberi manfaat kepada kita untuk memberikan rasa semangat akan mencari ilmu astronomis. Terus apa saja fenomena laut yang pernah terjadi diluar nalar manusia? simak berikut ini

  • Laut Terpisah di Jembatan Suramadu

20 Maret 2019 kemarin terjadi fenomena langka permukaan air dibawah jembatan Suramadu nampak air tersebut seperti terpisah dan memiliki dua bagian sontak fenomena tak biasa ini menjadi viral di media sosial. Fenomena air laut terpisah seperti memiliki gradasi warna tersebut dikenal dengan fenomena halocline. Fenomena halocline yang terjadi di selat Madura disebabkan pertemuan antara air dengan kandungan garam tinggi atau salinitas tinggi dengan air dengan kandungan garam rendah atau salinitas rendah yang memanjang secara vertical. Sebenarnya fenomena halocline ini bukan pertama kali terjadi di selat Madura, namun fenomena kali ini terjadi lebih panjang dari biasanya yaitu menjadi 60km dari sampang hingga Madura.

  • Laut Terpisah di Teluk Alaska
Baca juga  5 Kebiasaan Sehari-hari yang Akan Membuatmu Semakin Cepat Tua

Teluk Alaska berada di dua negara yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Pada 2010 lalu teluk ini menjadi viral karena seorang fotografer Kent Smith berhasil mengabadikan fenomena laut terpisah diteluk tersebut. Penjelasan secara ilmiah fenomena ini bisa terjadi karena perbedaan kepadatan air, suhu, dan kadar garam atau salinitas masing – masing. Air dari samudra pasifik memiliki kadar air tinggi sedangkan air laut bering berasal dari gletser atau es yang mencair yang berasal dari air tawar, hal inilah yang membuat keduanya tidak dapat bersatu.

  • Fenomena The Milky Sea

Fenomena ini sudah menjadi perbincangan dikalangan pelaut sejak zaman dulu. Para pelaut mengatakan “jika air laut tiba tiba berubah seperti air susu”. Baru pada tahun 1995 seorang ilmuan meneliti bahwa bakteri Bioluminescent Vibrio Harvey lah penyebab fenomena The Milky Sea atau air lau berwarna seperti susu. Diperkirakan lebih dari trilyunan bakteri. Luas The Milky Sea 15.400 kilometer persegi di lepas pantai Somalia.

Baca juga  Istri Tewas Kecelakaan, Bukannya Nangis Suami Ini Justru Lakukan Hal Di Luar Dugaan
  • Grid Wave, Ombak Kotak Mematikan

Fenomena ini pernah terjadi di The Isle of Rhe, Perancis, terletak di dua persimpangan lautan yang biasa disebut lautan silang. Akibat ombak ini lautan akan tampak kotak kotak seperti papan catur. Secara ilmiah ombak ini disebabkan aliran air dan tekanan udara yang ada di dalam laut, dua arus yang bertemu dibawah laut serta terjadinya pertemuan udara yang memiliki tekanan berbeda menghasilkan sistim gelombangnya muncul pada sudut yang berlawanan. Meskipun fenomena ini unik anda harus berhati hati karena ombak ini cukup berbahaya.

  • Penampakan Makhluk Misterius Raksasa di Selandia Baru

Pada 25 Oktober 2018 lalu dua penyelam Steve danEndru berhasil mengabadikan makhluk misterius diperairan lepas pantai Wakari, Selandia Baru. Rekaman makhluk tersebut viral dimedia sosial karena belum tahu makhluk apa itu. Makhluk tersebut berwarna merah muda berongga dan memiliki panjang delapan meter. Diketahui jika makhluk tersebut adalah pyrosome yakni koloni ribuan organisme individual yang disebut zoids. Pyrosome berarti tubuh yang menyala dapat mengeluarkan cahaya hijau hingga biru terang saat merasa terancam, disentuh atau merespon cahaya lain. Pyrosome dapat tumbuh hingga panjang 30 meter dan bisa menyelam hingga 700 meter dibawah permukaan laut.

Baca juga  10 Foto Bukti Bahwa Alam Bukan Tandingan Kalian!

Bikin heran bukan? kok bisa ya itu terjadi? itu merupakan hukum alam dan berkaitan dengan-Nya. Kita sebagai umat manusia tetap terus melestarikan dan menjaga ciptaan-Nya.

Baca juga : Akhir Zaman Sudah Dekat?

(Visited 232 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.