Sat. Dec 5th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Di Balik Rahasia, Ini Sosok Yang Menciptakan GPS

2 min read
Sharing is Caring

Kamu pasti sudah tahu atau sudah tak asing lagi dengan istilah GPS atau “Global Positioning System”. Dengan GPS, kini dengan menggunakan smartphone dengan akses internet, kamu bisa mengetahui keberadaanmu dimana kamu juga mengetahui nama jalan.

Tetapi, yang kamu perlu tahu siapa penemu teknologi GPS? Sangat di sayangkan, banyak yang tidak mengetahui jika GPS ini ditemukan oleh seorang perempuan.

Dia adalah “Gladys West”. Sosoknya yang dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

Gladys West bekerja bersama sekelompok perempuan di dalam komputasi militer AS di tahun 1950-an sampai 1960-an.

twitter.com

Kiprah dari kelompok perempuan yang mempunyai bakat dan cerdas ini pernah diangkat ke  dalam dunia film drama yang berjudul Hidden Figures. Sayang-nya, sosok West tak keluar tampil dalam film Hidden Figures ini.

Baca juga  Lenovo Bakal Luncurkan Laptop Layar Lipat 13,3 Inci

Jika dikutip dari The Hill, sebagai juru kunci matematika, West bekerja dengan dunia militer sebelum ada system gelombang elektronik yang masuk.

West memulai masuk ke penelitian di bidang militer pada 1956. Pada tahun itu juga dia mendapat penghargaan karena West mencoba meneliti keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus.

ed thelen.org

Di tahun 1960, West sudah menginisiasi untuk membuat pemrograman computer dengan model IBM 7030 yang dinamai oleh West sendiri yaitu bernama “Stretch”.

Komputer ini juga sangat mampu sekali untuk memberikan perhitungan geodetik Bumi yang sangat akurat atau disebut geoid. Program inilah yang menjadi keunggulan dalam GPS.

Atas kontribusinya Gladys West mengatakan, sepekan yang lalu, Gladys West dianggap orang yang masuk ke dalam deretan orang sangat penting atau orang yang berpengaruh dalam tokoh militer Angkatan Udara Amerika Serikat.

Baca juga  Gak Redmi Note 7 Doang, Ini Dia 5 HP Berkamera 48MP Yang Lebih Menawan. No 3 Terfavorit!

Gladys West pada saat di Air Force mendapatkan induksi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame. Induksi ini merupakan istilah untuk yang penghargaan tinggi di Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pada pelantikan Gladys West sendiri di selenggarakan di markas militer Amerika Serikat, di Pentagon, Washington DC.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.