Wed. Oct 28th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

5 Sistem Operasi Komputer Selain Windows

3 min read
Sharing is Caring

Setiap komputer sudah pasti memiliki Sistem Operasi yang digunakan, tentu saja untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer tersebut. Komputer tanpa adanya Sistem Operasi, kemungkinan tidak dapat berjalan dengan lancar atau tidak bisa digunakan sama sekali.

Secara umum, Sistem Operasi adalah suatu software lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer, ketika komputer tersebut dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan menyusul setelah Sistem Operasi itu berjalan. Selain hal tersebut, Sistem Operasi itu juga akan melakukan layanan umum untuk software-software yang berjalan di belakangnya.

Adapun layanan inti adalah, seperti akses ke storage, manajemen memori, task manager, dan interface user. Hal ini juga membuat software lain menjalankan tugas umum masing-masing, karena tugas tersebut sudah dijalankan oleh Sistem Operasi yang bersangkutan.

Sistem Operasi mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan bantuan kernel, yaitu bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum. Kode itulah yang kemudian dinamakan “Kernel”.

Baca juga  Wajib Tau, Jangan Asal Sebut Hoax Kalau Belum Tau Artinya!

Terlepas dari itu, masih banyak orang yang hanya mengetahui Windows saja yang merupakan Sistem Operasi suatu komputer, padahal masih ada banyak sistem operasi untuk komputer yang bisa digunakan selain Windows.

1. UNIX

Hasil gambar untuk UNIX interface

UNIX adalah Sistem Operasi komputer yang diciptakan oleh dua orang yang kreatif, yaitu Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Selain itu, UNIX dikelola oleh perusahaan AT&T Bell Labs. Keunggulan sistem operasi ini adlaah didesain dengan minimalis sebagai Sistem Operasi portabel, Multi-Tasking, dan Multi-User. Bahkan, UNIX juga didesain untuk lebih dapat menekankan diri pada Workstation dan Server.

Sistem operasi ini dapat dimodifikasi oleh pengguna sesuai keinginan, dan bahkan disalin. Oleh sebab itu, banyak pihak yang mencoba mengembangkan Sistem Operasi yang satu ini, sehingga tidak heran hal itu menyebabkan banyak sekali macam dari UNIX ini.

2. Linux

Hasil gambar untuk Ubuntu linux interface

Linux merupakan salah satu Sistem Operasi hasil modifikasi dari UNIX. Awalnya, Sistem Operasi Linux ini dikelola oleh Linus Torvalds yang pada mulanya hanya sebuah emulasi terminal, dan biasa digunakan untuk mengakses Server UNIX di Universitasnya.

Baca juga  Kamera Ponsel Android Mulai Ungguli Kamera iPhone

Selain hasil modifikasi dari UNIX, Sistem Operasi Linux ini juga menggunakan kernel berbasi Monilitik, yaitu Kernel Linux yang dapat mengontrol kontrol prossesor, jaringan, pengaksesan sistem berkas, dll.

Salah satu kelebihan Linux yang menjadi perbedaan dengan Sistem Operasi lainnya adalah Sistem Operasi ini kebal terhadap serangan Malware. Bahkan, Linux ini bisa didapatkan secara gratis.

3. MAC OS

Hasil gambar untuk MAC Os interface

Sistem Operasi khusus yang dikembangkan oleh Apple Computer untuk komputer Macintosh, dan Sistem Operasi MAC OS ini tidak dapat digunakan di komputer berbasis IBM, dalam artian tidak kompatibel. Bagusnya, MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan sistem antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

Baca juga  Desain Casing PC Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kapal Pesiar!

4. OpenSolaris

Hasil gambar untuk OpenSolaris interface

OpenSolaris juga merupakan hasil modifikasi dari Sistem Operasi UNIX. Yang diperkenalkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1992 , dan dibuat sebagai pendukung SunOS.

Sistem Operasi OpenSolaris terkenal akan kestabilannya. Terlebih lagi pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture) yang tertanam pada Sistem Operasi ini. Terlebih lagi OpenSolaris ini Sistem Operasi yang bersifat OpenSource.

5. IBM OS/2

Hasil gambar untuk IBM OS 2 interface

IBM OS/2 merupakan Sistem Operasi hasil kerja sama yang dibuat oleh dua perusahaan teknologi ternamaa, yakni International Bussiness Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation, yang dikhususkan untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS.

Selain itu, Sistem Operasi ini juga dikhususkan untuk dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprossesor Intel 80286, termasuk mode pengamanan dan mampu memnjalankan tugas-tugas simultan, seta mendukung memori virtual.

(Visited 60 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.