Fri. Sep 25th, 2020

Kopi17an

Konten Pilihan Satu Tujuan

Fakta yang Mungkin Belum Kalian Ketahui Tentang ESports!

3 min read
Sharing is Caring

Buat kalian yang belum mengenal dengan istilah esport, pingin tahu dan penasaran seputar fakta esport, pastikan kalian cek artikel ini!

Kalian pernah dengar tentang e-sport? Apakah kalian tahu kenapa e-sport bisa populer sekarang? Apa kalian tahu ada macam pilihan karir dalam e-sport yang bisa kalian tekuni? Penasaran? Yuk kita lihat fakta dan data mengenai e-sport yang mungkin kalian belum ketahui!

       

1.          Banyak Tim Olahraga Profesional yang turut Terjun ke Dunia E-sport!

PSG.RRQ

Industri e-sport telah mencapai nilai 696 juta dollar pada tahun 2017. Dan nilai tersebut diperkirakan oleh para ahli akan mencapai dua kali lipat pada tahun 2020! Dengan nilai industri yang besar tersebut, tidak heran banyak pihak yang berusaha mendapat keuntungan dari indsutri ini.

Baca juga  Muhammadiyah: Pulangkan Anak-Anak WNI Eks ISIS Yang Setia Pancasila! Golkar Ingatkan Ini

Hal ini menarik beberapa organisasi untuk ikut berkecimpung di dunia e-sport, termasuk tim olah raga profesional. Tim olah raga sekelas Paris Saint Germain, Sporting Lisbon  merupakan beberapa team professional yang memutuskan untuk ikut terjun ke dunia e-sport.

Beberapa contoh nyata adalah FC Schalke yang akan terjun ke rana FIFA dan League of Legends, dan Valencia FC yang akan terjun ke rana Rocket League. Selain dari pada tim yang disebutkan di sini masih banyak tim olah raga lain yang terjun ke dunia e-sport.

2.      Rata-Rata Usia Atlet E-sport

Tim Elite8 ESports

Para atlet e-sport atau disebut juga gamer profesional terkenal memulai dari umur yang sangat muda, sangat jarang dimulai dari umur belasan tahun mereka sudah mulai bermain secara profesional dan sudah terikat kontrak dengan tim e-sport.

Baca juga  10 Penampilan Artis Cewek Tanpa Make Up, Siapa Paling Cantik?

apakah kalian tahu berapa rata-rata usia para atlet e-sport? Menurut survei menunjukan umur 33 adalah rata-rata umur dari para gamer yang masih bermain secara kompetitif di bidang e-sport. Data tersebut diolah dari beberapa pemain game terkenal seperti Dota 2, Mobile Legends, PUBG, PUBG Mobile, Fortnite, League of Legends, Counter Strike : Global Offensive, Street Fighter 4, dan lain-lain.

survei tersebut memang belum cukup sempurna karena batas waktu dan data mengenai topik ini, namun cukup masuk akal mengingat respon dan daya tangkap manusia yang terus berkurang seiring usia yang bertambah. Tidak heran banyak gamer profesional yang memutuskan untuk berhenti di bawah usia 30 tahun karena mereka merasa tidak dapat bersaing dengan bakat bakat baru yang berusia lebih muda.

Baca juga  Jangan Sampai Terlontar Kalimat ini Kalau Tak Mau Melarat Selamanya

 

3.      Pilihan Karir yang Menjanjikan di Dunia E-sport!

Brand Ambassador Tim ESports

Kalau kalian pikir hanya para gamer profesional yang ahli dalam suatu game yang dapat berkecimpung dalam dunia e-sport, kalian salah besar!

Semakin berkembangannya bidang e-sport ke arah yang lebih profesional, beragam profesi muncul dan berkembang dengan cepat. Seperti layaknya tim olah raga professional,seperti jabatan pelatih, manager, Brand Ambassador,marketing bahkan terapis bisa kalian temukan dalam sebuah tim esport.

Belum lagi bila kita berbicara sebuah turnamen besar sekelas The International (DOTA 2) atau LoL World Championship MSC:Mobile Legends South East Asia Cup, PINC:PUBG Mobile Indonesia National Championship yang memerlukan berbagai teknisi dan bakat khusus untuk memastikan acara berjalan lancar tanpa ada masalah. Kedepannya, jabatan seperti legal manager, talent scout, atau tim psikilogis akan menjadi lumrah di dunia e-sport.

(Visited 74 times, 1 visits today)

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.